Fokus Produk AI dan IoT, Ini Langkah LG Indonesia Lawan Xiaomi

Liputan6.com, Jakarta – Beberapa tahun belakangan ini, LG Electronics Indonesia mengaku tengah fokus menggeber produk elektronik premium berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan Internet of Things (IoT).

Namun, LG Electronics Indonesia tidak sendirian. Sejumlah vendor teknologi kini juga memiliki fokus serupa, terlebih Xiaomi yang dikenal kerap merilis produk harga murah.

Beberapa waktu lalu, Senior Vice President Xiaomi Wang Xiang mengatakan bahwa selain smartphone, perusahaan juga akan memboyong produk smart home appliance yang akan mendukung IoT di Indonesia.

Misalnya saja smart TV, rice cooker pintar, penjernih udara, Mi Box, drone, timbangan, headphone, dan masih banyak lagi. Untuk sementara ini, Xiaomi baru merilis smart TV terjangkau di Indonesia.

Lalu, bagaimana strategi LG Electronics Indonesia dalam menghadapi kompetitornya, terutama Xiaomi yang kerap menawarkan produk murah?

Sales Director LG Electronics Indonesia Budi Setiawan menegaskan, perusahaan tidak gentar melawan kompetitor, termasuk Xiaomi, kerena LG memiliki banyak kelebihan ketimbang perusahaan asal Tiongkok tersebut.

“Xiaomi memang masuk dengan harga lebih murah, tapi mereka baru punya TV. Kami memiliki beragam produk yang bisa saling terhubung sehingga pengguna benar-benar bisa merasakan pengalaman rumah pintar,” katanya di Sheraton Hotel, Sydney, Australia, Rabu sore (13/3/2019) waktu setempat.