Flying Face, Gim Unik di Instagram Stories yang Mainnya Pakai Kedipan Mata

Masih soal Instagram, sebelumnya Instagram membantah ada jutaan data milik selebgram yang bocor. Hal ini disampaikan oleh juru bicara Instagram melalui keterangan resminya.

“Kami menanggapi dengan serius setiap dugaan penyalahgunaan data. Berdasarkan hasil investigasi awal dari dugaan terkait penyalahgunaan data pengguna Instagram yang kami terima, kami menemukan bahwa tidak ada email maupun nomor telepon pengguna Instagram yang diakses oleh Chtrbox,” kata Instagram dalam pernyataan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Minggu (26/5/2019).

Menurut juru bicara Instagram, kumpulan data yang dimiliki oleh Chtrbox adalah informasi yang memang tersedia secara publik. Dikatakan, data-data tersebut berasal dari berbagai sumber, salah satunya adalah Instagram .

Sebelumnya, dikabarkan bahwa jutaan data milik selebgram dan akun brand di Instagram dikabarkan bocor. Database yang dikelola oleh Amazon Web Services ini terekspos tanpa kata sandi (password), membuat orang-orang bisa dengan bebas melihat isinya.

Tech Crunch dalam laporan awal menyebut, lebih dari 49 juta entri data yang tersimpan di database terekspos dan diperkirakan terus bertambah.

Secara singkat, tiap entri data selebgram yang kabarnya dibocorkan itu berisi biodata, foto profil, jumlah pengikut, informasi apakah mereka terverifikasi atau tidak, lokasi (kota dan negara) serta kontak privat mereka seperti alamat email dan nomor telepon.

Selain itu, ada pula data-data jumlah likeshare, interaksi, dan jangkauan. Sekadar informasi, perusahaan pemasaran media sosial Chtrbox memiliki 350.000 data pengguna yang tersimpan dalam database mereka.

Pihak Instagram menyebut, Chtrbox tidak dapat mengakses data pribadi seperti nomor telepon maupun alamat email di API . Chtrbox hanya dapat mengakses informasi yang tersedia secara publik, seperti likes.

(Tin/Isk)