Fitur Keamanan USB Tipe C Bakal Antimalware

Liputan6.com, Jakarta – Meski mampu memindahkan file relatif lebih cepat dibandingkan dengan port USB tipe sebelumnya, USB tipe C rupanya belum dianggap benar-benar aman.

Oleh karenanya, USB-IF, sebuah grup industri yang bertanggung jawab mengembangkan dan mempromosikan standar USB, baru-baru ini mengumumkan program otentikasi USB tipe C.

Dalam keterangan tertulisnya, USB-IF mengatakan, otentikasi yang dimaksud adalah “memberdayakan sistem host (milik USB tipe C) untuk memberi perlindungan terhadap pengisi daya yang tidak sesuai standar guna mengurangi risiko dari firmware jahat atau perangkat keras di USB.”

Perlu diketahui, sebenarnya port USB di smartphone maupun perangkat memang tidaklah benar-benar aman.

Pasalnya, hacker bisa dengan mudah merusak pengisi daya yang ada di tempat umum dan memakainya untuk menginfeksi smartphone dan tablet dengan malware. Demikian sebagaimana dikutip dari Forbes, Selasa (8/1/2019).

Kemudian, bukan hal yang baru juga kalau USB drive bisa dijual dengan malware jahat yang diam-diam terkandung di dalamnya.

Bahkan, perusahaan sekelas IBM pun pernah dua kali mengirimkan USB yang diduga terjangkit malware kepada penggunanya.

IBM pun buru-buru menginformasikan hal tersebut ke pengguna, pasalnya mereka juga baru menemukan adanya malware dan menduga perangkat telah terjangkit sejak dalam proses pasokan.