Facebook Tandai Ratusan Ribu Akun Anak Tertarik Pada Alkohol dan Perjudian

Liputan6.com, Jakarta – Jurnalis yang tergabung dalam investigasi gabungan The Guardian dan The Danish Broadcasting Corporation menemukan ratusan ribu akun anak yang tertarik pada alkohol dan judi.

Dilansir dari The Guardian, Jumat (11/10/2019) sekitar 740.000 akun anak di bawah 18 tahun tertarik pada perjudian dan sekitar 940.000 lainnya tertarik pada alkohol. Disebutkan bahwa semua akun itu telah ditandai Facebook.

Namun, tidak tertutup kemungkinan bahwa ada juga akun palsu yang memiliki umur di atas 18 tahun, tetapi dibuat oleh anak 18 tahun ke bawah. Ketertarikan terhadap alkohol dan perjudian pada setiap akun anak ini juga disebabkan perilaku mereka di media sosial.

Dengan mengetahui ketertarikan setiap akun, hal ini menjadi celah bagi pengiklan untuk menargetkan produk mereka ke akun-akun Facebook ini.

Namun Facebook telah mengeluarkan pernyataan perihal pengiklan yang ingin mengiklankan produknya.

Tanggapan Facebook

“Kami tidak memperbolehkan iklan yang mempromosikan penjualan alkohol atau perjudian kepada anak di bawah umur di Facebook dan kami akan menindaklanjuti apabila menemui hal tersebut. Kami juga bekerja dengan aturan untuk menyediakan arahan kepada pengiklan untuk mencapai target sasaran mereka secara lebih efektif dan lebih bertanggung jawab,” kata Facebook.

Pengiklan menghindar

Walaupun Facebook telah melarang pemasangan alkohol dan perjudian kepada anak di bawah umur, tetap saja ada pengiklan yang bandel terhadap peraturan ini.

Terkadang ada pengiklan yang mengiklankan perjudian, tetapi tidak secara gamblang, melainkan melalui fitur di dalam gim yang dinamakan “Loot Box” yang sudah secara pasti ditujukan kepada anak di bawah umur.

(Keenan Pasha/Why)

Lanjutkan Membaca ↓