Facebook Luncurkan Avatar, Mirip Bitmoji dan AR Emoji

Mata uang kripto alias cryptocurrency memang belum terlalu populer, namun kini semakin banyak perusahaan teknologi yang mencoba mengembangkan jenis mata uang baru ini.

Seperti halnya Facebook yang sedang mengembangkan cryptocurrency ciptaannya. Laporan terbaru menyebutkan, Facebook bakal meluncurkan mata uang digitalnya tahun depan.

Mata uang bernama GlobalCoin ini diperkirakan bakal dites akhir tahun ini. Dilansir dari BBC News, Rabu (29/5/2019), perusahaan bentukan Mark Zuckerberg itu akan mengumumkan informasi lengkap mengenai mata uang kriptonya tahun ini.

GlobalCoin akan tersedia di 12 negara, memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan murah dan aman tanpa perlu rekening bank.

Meski begitu, mata uang ini akan menghadapi banyak masalah teknis dan regulasi sebelum melandai ke pasar.

Dilaporkan, Facebook telah mendiskusikan hal ini dengan para stakeholder, termasuk Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) dan firma keuangan seperti Western Union terkait masalah regulasi dan operasional.

Facebook memang belum mengatakan apapun tentang cryptocurrency ini, namun laporan sebelumnya menyarankan GlobalCoin didesain sebagai stabelcoin, artinya nilai koin akan dipatok ke dolar AS untuk menghindari volatilitas, seperti yang terjadi pada Bitcoin.

(Tik/Isk)