Dibuka Hari Ini, Begini Tata Cara Daftar Online SBMPTN 2019

Liputan6.com, Jakarta – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 akan dibuka hari ini, 10 Juni 2019 pukul 13.00 WIB.

SBMPTN ini merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN dan dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)

Dengan rentang waktu pendaftaran yang cukup lama, yaitu 10 Juni hingga 24 Juni 2019, calon peserta bisa mempersiapkan administrasi lebih baik.

Sebelum mendaftar, calon peserta harus memperhatikan beberapa syarat berikut, sebagaimana yang dikutip dari laman resmi pendaftaran SBMPTN 2019:

1. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah

2. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019, memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat biodata diri dan pasfoto berwarna terbaru dan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah

3. Peserta memiliki Nilai UTBK. Pelaksanaan UTBK sendiri telah dilakukan dalam dua gelombang, yaitu Gelombang I pada 13 April hingga 4 Mei 2019 dan Gelombang II pada 11 Mei hingga 26 Mei 2019. Nilai UTBK dapat diakses di laman http://pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id

4. Peserta sehat jiwa dan raga sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi

5. Peserta memiliki NISN

6. Khusus bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio yang jenisnya dapat disesuaikan dengan prestasi:

a) Portofolio Olahraga

b) Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya

c) Portofolio Tari (termasuk Sendratasik opsi Tari)

d) Portofolio Teater (termasuk Sendratasik opsi Teater/Drama)

e) Portofolio Musik (termasuk Sendratasik opsi Musik)

f) Portofolio Seni Karawitang

g) Portofolio Etnomusikologih

h) Portofolio Fotografi

i) Portofolio Film dan Televisi

7. Tidak lulus jalur SNMPTN 2019