Deretan Smartphone Xiaomi Ini Kebagian MIUI 11

Liputan6.com, Jakarta – Xiaomi mengumumkan user interface MIUI versi terbarunya, yakni MIUI 11. Pengumuman MIUI 11 ini bersamaan dengan peluncuran smartphone Mi 9 Pro dan Mi MIX Alpha.

MIUI 11 mengusung sejumlah fitur baru dan desain antarmuka lebih segar. Mengutip laman Gizmochina, Sabtu (12/10/2019), MIUI 11 menjadi pembaruan cerdas bagi UI populer besutan Xiaomi itu.

Kini, MIUI 11 sudah mulai digulirkan untuk sejumlah smartphone besutan Xiaomi. Berikut adalah sejumlah perangkat Xiaomi yang kebagian MIUI 11:

1. Mi 9 SE

2. Mi MIX 2

3. Mi MIX 2S

4. Mi 8

5. Redmi Note 7

6. Redmi Note 7 Pro

7. Redmi 7

2 dari 3 halaman

Redmi K20 Series Ikut Kebagian MIUI 11

Tampilan Redmi K20 Pro yang baru meluncur (kredit: Android Central)

Tidak hanya digulirkan untuk perangkat-perangkat di atas, MIUI 11 juga sudah bisa diperbarui untuk perangkat Xiaomi lainnya, yakni Redmi K20 series.

Adapun pembaruan MIUI 11 tersebut sudah merupakan versi stabil dan bukan versi Beta yang mulai digulirkan sejak 27 September 2019 lalu.

Pembaruan MIUI 11 itu juga bukan merupakan MIUI 11 versi global karena versi global MIUI 11 akan dirilis pada 16 Oktober, bersamaan dengan peluncuran Redmi Note 8 Pro.

Jadwal peluncuran MIUI 11 memang sesuai dengan yang direncanakan oleh Xiaomi. Ke depannya juga disebut-sebut akan ada lebih banyak perangkat Xiaomi yang kebagian update MIUI 11 ini.

3 dari 3 halaman

Tentang MIUI 11

Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Sebelumnya, bersamaan dengan peluncuran Mi 9 Pro dan Mi Mix Alpha, Xiaomi turut memperkenalkan sistem Android kustomisasi terbaru besutannya, yakni MIUI 11. MIUI versi terbaru ini dibangun berdasarkan Android 10.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (27/9/2019), Xiaomi membawa sejumlah perubahan tampilan bagi MIUI 11. Tidak hanya itu, ada beberapa fitur yang juga ditingkatkan oleh perusahaan.

Dalam MIUI 11, ikon aplikasi ditampilkan lebih kalem. Xiaomi juga menyertakan font baru bernama Milan Pro dan peningkatan fungsi fitur always on display.

Xiaomi memastikan versi terbaru ini juga hadir fitur dark mode. Sejumlah pembaruan juga disertakan untuk animasi, tema, wallpaper, dan sistem notifikasi yang ditingkatkan.

Tambahan lain yang cukup besar dibawa Xiaomi untuk sisi audio dari MIUI. Kali ini, MIUI 11 dibenamkan dengan sejumlah efek suara anyar yang terinspirasi dari alam dan dapat digunakan untuk suara alarm.

Fitur lain yang tidak kalah penting adalah kehadiran extreme power-saving mode. Sebagai tambahan, Xiaomi juga mengumumkan kehadiran Mi Go Travel yang dapat membantu pengguna membeli tiket pesawat, bus, hingga kereta api.

Rencananya, MIUI 11 versi beta sudah dapat diunduh mulai 27 September 2019. Adapun versi stable MIUI sudah dapat dirasakan pengguna perangkat Xiaomi pada pertengahan Oktober 2019.

(Tin/Why)