CEO Apple: Anak-Anak dan Remaja Harus Belajar Coding Sedari Dini

Liputan6.com, Jakarta – Umumnya sekolah mengajarkan pelajaran dasar seperti IPA, IPS dan bahasa pada muridnya. Namun, CEO Apple, Tim Cook, berpendapat kalau materi coding juga harus menjadi pelajaran dasar dan diajarkan pada anak-anak dan remaja.

Cook mengatakan, jika anak-anak dan remaja sudah mendapatkan pelajaran dasar coding, maka program kuliah yang berhubungan dengan hal ini tidak perlu diadakan lagi.

Hal tersebut dikatakannya saat bertemu dengan Liam Rosenfeld, remaja berusia 16 tahun yang mendapatkan beasiswa Apple WWDC bulan depan, seperti yang dilansir dari Ubergizmo, Selasa (14/5/2019).

Cook menjadikan Rosenfeld sebagai contoh, kalau anak-anak diajarkan coding sejak dini, skillnya bakal menyamai bahkan lebih baik dari orang dewasa yang baru belajar coding di perguruan tinggi.

“Saya berpikir, program kuliah coding tidak bakal membuat orang jadi benar-benar menguasai bidang ini. Itu kuno. Coding harus diajarkan pada anak-anak sedini mungkin. Liam contohnya, di umur yang masih muda sudah bisa membuat aplikasi yang bisa dijual di App Store,” ujar Cook.

Namun, bukan berarti program kuliah itu tidak penting. Cook menyarankan, kalau proses belajar coding dimulai dari anak masih belia, maka penyerapan informasinya bakal lebih efisien.

Apple sendiri sebelumnya sudah mendorong anak-anak untuk belajar coding, seperti meluncurkan Swift Playgrounds, yang mengajarkan anak-anak tentang dasar-dasar coding.