Catat Tips Keselamatan Bagi Penumpang Ojek Online

Liputan6.com, Jakarta Transportasi online saat ini sudah menjadi moda transportasi primadona di kota-kota besar di Indonesia. Banyak manfaat yang bisa dirasakan. Mulai dari menghemat waktu perjalanan, membuat ongkos lebih irit, hingga mengurangi perjalanan terasa lebih praktis.

Walaupun segudang manfaat yang diberikan oleh transportasi online, Anda tetap perlu menjaga keselamatan dan keamanan dalam perjalanan. Amit-amit, saat menggunakan jasa transportasi online itu, Anda dirugikan. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan transportasi online.

Pastikan

Setelah memesan melalui aplikasi, pastikan informasi terkait nama, foto, plat nomor, dan jenis kendaraan sama dengan yang tertera pada aplikasi. Saat driver datang, tanyakan informasi tersebut. Jika ada yang janggal, Anda berhak untuk menanyakannya. Hal ini untuk menghindari hal negatif yang terjadi pada Anda sebagai penumpang.

Bagi kamu yang memesan ojek online, setelah memastikan informasi yang tertera pada aplikasi, Anda wajib menggunakan helm untuk keselamatan Anda selama perjalanan.

Bagikan

Sebelum melakukan perjalanan, Anda bisa membagikan informasi pengemudi kepada orang terdekat. Anda bisa capture informasi yang tertera pada aplikasi dan membagikan melalui pesan singkat, Whatsapp, atau platform chat lainnya.

Hal itu untuk memastikan Anda sampai tujuan dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan oleh Anda sebagai penumpang.

Gunakan fitur keamanan

Nah, bagi kamu pengguna Gojek, tak perlu khawatir lagi mengenai keselamatan dan keamanan bagi penumpang. Pasalnya, Gojek Indonesia mempunyai fitur terbaru, yaitu Bagikan Perjalanan dan Tombol Darurat. Apa sih fungsinya?

Untuk fitur Bagikan Perjalanan, bermanfaat agar penumpang bisa berbagi lokasi. Mulai dari lokasi penjemputan sampai pengantaran. Selain itu fitur itu juga bisa memberikan informasi pengemudi dan kendaraannya serta jalur yang dipilih.

Nantinya, penumpang cukup menekan menu fitur Bagikan Perjalanan dan secara otomatis informasi mengenai hal di atas bisa disebar melalui platform chat, seperti WhatsApp dan Line.

Fitur ini cocok bagi siapapun yang masih khawatir dalam dalam perjalanan. Nantinya, seseorang yang di-share, secara real time bisa melihat posisi penumpang sedang dimana.

Fitur kedua adalah Tombol Darurat. Fitur ini bisa digunakan jika penumpang dalam keadaan kondisi genting selama perjalanan.

Sama dengan fitur sebelumnya, penumpang hanya perlu menekan tombol tersebut pada aplikasi GOJEK. Nantinya, setelah menekan langsung terhubung dengan Unit Darurat Gojek. Lalu setelah terhubung, sebutkan nama Anda, nomor telepon, nomor pesanan layanan, dan nama mitra driver.

Setelah itu, tim GOJEK akan memverifikasi dan mengirimkan pihak keamanan ke lokasi kamu. Untuk fitur ini, GOJEK sudah mengaplikasikannya pada GO-CAR se-Indonesia. Kedepannya akan bertahap untuk GO-RIDE juga.

Tak hanya fitur terbaru tersebut, agar perjalanan tetap nyaman dan terlindungi, GOJEK memberikan perlindungan berupa jaminan keselamatan atau asuransi dari kecelakaan, tindak kriminal (begal). Hal itu dimulai dari penjemputan sampai Anda tiba sampai lokasi.

Untuk informasi lebih lanjut klik situs ini http://www.uninstallkhawatir.com/.

(Adv)