Cari Smartphone Budget Rp 2 Jutaan, Pilih realme 3 atau Samsung M20?

Liputan6.com, Jakarta Rekomendasi smartphone kisaran harga Rp 2 jutaan kembali bertambah di bulan Maret 2019 ini. Vendor smartphone asal Tiongkok yang identik dengan inovasi dan style anak muda, realme, resmi meluncurkan produk terbarunya realme 3 di Indonesia pada 12 Maret 2019 lalu.

Di pasaran, realme akan bersaing dengan merek smartphone lain yang sudah terlebih dahulu hadir baik dari vendor sesama Tiongkok; Xiaomi, Vivo, OPPO, Huawei, maupun vendor asal Korea Samsung yang baru saja memiliki ponsel notch pertamanya yakni Samsung M20.

Realme 3 dan Samsung M20 memiliki tampilan yang hampir sama, namun dengan spek dan harga yang berbeda tentunya. Dengan budget beli smartphone baru RP 2 jutaan, kira-kira pilihan terbaik jatuh pada Realme 3 atau Samsung M20 ya?

Mimin kasih 5 alasan nih buat kamu kenapa realme 3 jadi pilihan pas untuk kisaran harga Rp 2 jutaan.

1. Tampilan realme 3 lebih kece

Realme 3 dan Samsung M20 sama-sama menghadirkan dua varian warna. Realme 3 hadir dengan dua varian warna yakni Dynamic Black dan Radiant Blue. Sementara Samsung M20 memiliki pilihan warna Charcoal Black dan Ocean Blue.

Konsep warga gradasi yang diusung realme 3 membuat ponsel ini tampak lebih kece dan memukau. Realme 3 hadir dengan dua varian warna yakni Dynamic Black dan Radiant Blue. Realme 3 Dynamic Black dapat memberikan efek gradasi yang indah antara biru, ungu dan hitam ketika diamati dari sudut yang berbeda, sedangkan Radiant Blue memberikan efek gradasi warna hijau dan biru yang memukau dan berkilau.

2. Desain realme 3 lebih nyaman digenggam

Layar realme 3 berukuran 6,2 inci, lebih kecil 0,1 inci dari Samsung M20. Mekipun ukurannya beda tipis namun perasaan ketika digenggam punya perbedaan. Realme 3 menggunakan konsep unibodi yang menghilangkan bingkai tengah, dengan demikian pengguna akan memperoleh genggaman dan efek visual yang lebih baik. Cover belakang realme 3 menyimpan dan memperluas efek gradasi ke tingkat maksimum, memastikan transisi pencahayaan yang smooth dan berkilau.

3. Memotret malam hari lebih cantik

Realme 3 hadir dengan kamera belakang ganda dengan konfigurasi 13MP pada lensa kamera utama dan 2MP pada lensa kamera sekunder dengan ukuran piksel tunggal 1.12um. Kombinasi aperture f / 1.8 dan lensa 5P merupakan peningkatan dalam hal resolusi, toleransi, dan presentasi warna. Sementara Samsung M20 memiliki kamera 13MP (f/1.9) dan 5 MP (f/2.2) yang memiliki perspektif ultra wide selebar 120 derajat.

Meski M20 memiliki keunggulan pada ultra wide, namun realme 3 memiliki fitur spesial yang disebut Nightscape. Fitur tersebut akan memaksimalkan foto yang diambil pada malam hari. Dengan bantuan AI, sinergi multi-frame dan algoritma anti-shake, mode Nightscape akan secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya redup. Realme 3 ini juga mendukung perekaman video slo-mo 90fps / 720P menjadikan cara yang menyenangkan untuk merekam momen indah dalam hidup penggunanya. Untuk memenuhi kebutuhan anak-anak muda yang menginginkan efek gambar, warna dan efek yang lebih baik saat memotret, realme 3 juga dilengkapi dengan mode Chroma Boost.

Kamera depan realme 3 telah ditingkatkan dengan membawa resolusi 13MP, kombinasi lensa 5P ber-aperture f / 2.0, ukuran sensor menjadi 1/3 inci, dan ukuran piksel tunggal menjadi 1,12um. Sementara M20 hanya memiliki kamera depan berukuran 8MP.

4. Performa tangguh realme 3 

Perangkat penuh gaya ini ditenagai oleh prosesor AI master MediaTeK Helio P60 dan dilengkapi dengan baterai 4.230 mAh, memberikan penggunanya daya tahan baterai yang kuat di segmennya. MediaTek P60 membawa teknologi proses FinFET 12nm terbaru dari TSMC yang menawarkan 15% konsumsi daya lebih hemat dibandingkan dengan proses 14nm sebelumnya dan dapat menyaingi kekuatan chip 10nm Pada saat yang sama, Helio P60 membawa multi-threaded APU (AI Processing Unit), yang termasuk multi-core processors dan smart control logic processors.

P60 juga dilengkapi dengan CorePilot 4.0 sehingga manajemen sumber daya perangkat keras berjalan lebih baik melalui kontrol suhu yang dapat mengatur sendiri, pemantauan pengalaman pengguna, dan energy awareness scheduling (EAS+). Prosesor ini mengadopsi arsitektur octa-core dengan Cortex-A53 quad-core dan Cortex-A73 empat core berkinerja tinggi dengan frekuensi maksimum hingga 2.0GHz dan untuk penggunaan pemrosesan grafis, ARM Mali-G72 MP3 GPU 800MHz dipasangkan untuk mendapatkan operasi yang sangat mulus. Sementara Samsung M20 dilengkapi CPU: Exynos 7904, Octa-core 1,8 GHz, GPU :Mali-G71 MP2.

5. Harga lebih terjangkau dengan spek mumpuni

Realme seakan mengerti kebutuhan masyarakat Indonesia soal kebutuhan smartphone dengan banderol terjangkau dan banyak pilihan ketimbang M20 yang meluncur pertama kali di Februari dengan harga Rp 2.799.000 dengan satu versi saja RAM 3GB/ROM 32GB.

Realme 3 dijual seharga Rp 1.799.000 juta (normal Rp 1.999.000 juta) untuk versi RAM 3 GB/ROM 32 GB, Rp 2.099.000 juta untuk varian RAM 32 GB/ROM 64 GB, dan Rp 2.399.000 juta untuk versi RAM 4 GB/ROM 64 GB.

Untuk informasi lebih lanjut dan melakukan pemesanan online realme 3, kamu dapat mengunjungi e-commerce Lazada di tautan ini.

Untuk pembelian online di Lazada spesial di bulan Maret, dapatkan gratis paket data sebesar 7GB dari Indosat dan tiket liburan pulang-pergi ke Bali untuk 10 pembeli yang beruntung.

(Adv)