Cara Sign Out Akun Google dari Jarak Jauh

Liputan6.com, Jakarta – Pernahkah kamu log in akun Google di perangkat lain selain komputer atau smartphone, tetapi lupa log out?

Jika pernah, mungkin ada rasa khawatir yang menghantui kamu. Untuk mengatasi hal tersebut, Google mempunyai pengaturan untuk mengeluarkan akun dari jarak jauh, Tanpa menggunakan smartphone atau komputer yang sama, saat kamu pakai untuk log in ke akun Google.

Dikutip dari Teachingforward, KamisĀ (11/7/2019), berikut cara log out dari akun Google melalui website dan smartphone.

Mengeluarkan akun Google melalui website, caranya cukup sederhana. Pertama, buka akun Gmail melalui laman resmi, yaitu www.mail.google.com.

Lalu, scroll ke bagian bawah kotak masuk Gmail, hingga melihat tulisan “Detail Akun” yang dicetak kecil di bagian sudut kanan bawah layar.

Setelah itu, klik “Detail”. Di sana, kamu dapat melihat semua aktivitas yang dilakukan oleh akun Google milikmu. Untuk mengeluarkan akun Google, cukup klik “Sign out of All Web Sessions”, dan akun Google berhasil dikeluarkan.

2 dari 4 halaman

Harus Perhatikan Hal Ini

businessinsider.com

Ada satu hal yang harus diperhatikan, bahwa mengaktifkan “Sign out of All Web Sessions” artinya akan mengeluarkan akun dari semua web yang pernah dikunjungi. Jadi, kamu harus menulis email serta sandi jika ingin mengaksesnya kembali.

Jika kamu pernah kehilangan smartphone, dan mengharuskan untuk keluar dari semua Google Apps, maka lakukanlah langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, pergi ke pengaturan Google Account/Pengaturan Privasi dengan membuka https://myaccount.google.com/?hl=id.

3 dari 4 halaman

Langkah Selanjutnya

foto: jess3.com

Kalau sudah, di bawah tulisan “Sign-in & security” klik “Device activity & security events”.

Di sana, kamu akan menemukan sederetan aktivitas akun Google milikmu. Klik “Review Devices” untuk melihatnya lebih rinci.

Dari beragam daftar aktivitas yang muncul, cari perangkat yang ingin dihapus dari Google Apps, lalu klik nama perangkat dan “Remove” untuk mencabut akses pada perangkat.

(Linda Fahira Putri/Isk)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini