Cara Menonaktifkan FB Sementara Lewat Smartphone, Cuma 7 Menit

Liputan6.com, Jakarta Facebook merupakan jejaring media sosial yang tergolong memiliki banyak penggunanya. Dengan adanya jejaring sosial ini, orang-orang dapat saling terhubung satu sama lain.

Baik dengan kerabat mereka, teman lama mereka atau bahkan teman baru yang mereka kenal di Facebook. Tidak hanya itu, dengan adanya Facebook ini juga bisa berjualan dan memasarkan produk dengan mudah.

Tapi ada kalanya seseorang ingin menonaktifkan akun Facebook sementara atau secara permanen karena tidak ingin kehidupan nyata terganggu dengan segala hal yang ada di media sosial tersebut. Misalnya saja, karena perdebatan sesama teman dan juga berita hoax di Facebook dirasa sudah sangat mengganggu aktivitas di media sosial.

Kalau sudah begitu, bingung bagaimana cara menonaktifkan FB sementara? Berikut cara menonaktifkan FB sementara yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019).

2 dari 4 halaman

Cara Menonaktifkan FB Sementara

Cara Menonaktifkan FB Sementara (Foto: Unsplash.com/William Iven)

Untuk cara menonaktifkan FB sementara, profil Facebook kamu akan disembunyikan. Kamu juga bisa dengan mudah mengaktifkannya kembali selama kamu masih ingat email dan password.

1. Cara Menonaktifkan FB di HP

Kamu dapat menonaktifkan akun Facebook langsung melalui browser di HP dengan mudah.

· Cara menonaktifkan FB, kamu harus login ke akun Facebook melalui browser (gunakan Chrome saja). Kemudian klik Menu (ikon garis tiga)

· Setelah itu, scroll sedikit ke bawah kemudian pilih Pengaturan.

· Selanjutnya scroll lagi ke bawah, pada Informasi Facebook, silakan pilih Kepemilikan dan Kontrol Akun.

· Cara menonaktifkan FB langkah selanjutnya pilih Penonaktifan dan Penghapusan.

· Akan ada 2 opsi yang tersedia, yakni menghapus akun Facebook sementara (Nonaktifkan Akun) atau permanen (Hapus Akun).

Jika kamu memutuskan untuk menghapus akun Facebook secara permanen, maka semua data atau file baik itu foto, video maupun postingan selama menggunakan Facebook akan dihapus. Bahkan akun Facebook yang terhubung di Messenger juga akan dihapus.

2. Cara Menonaktifkan FB di Laptop/PC

· Cara menonaktifkan FB, terlebih dahulu silakan kamu login ke Facebook kemudian pilih Pengaturan.

· Kamu akan dibawa ke Pengaturan Umum akunmu. Kemudian pilih Sunting pada kolom Kelola Akun.

· Cara menonaktifkan FB selanjutnya pilih Nonaktifkan akun.

· Kamu akan melihat form untuk mengisi alasan mengapa kamu memutuskan untuk keluar dari Facebook. Setelah itu, centang opsi Tolak Email agar kamu tidak lagi menerima email pemberitahuan dari Facebook. Selanjutnya pilih Tutup.

· Jika kamu mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih Nonaktifkan Sekarang.

Akun Facebook kamu berhasil dinonaktifkan. Jika suatu saat nanti kamu berubah pikiran dan ingin menggunakan Facebook kembali, tinggal login di seperti biasanya (dengan memasukkan email dan password).

3 dari 4 halaman

Cara Menonaktifkan FB Permanen

Cara Menonaktifkan FB (iStockPhoto)

Jika kamu hendak menonaktifkan FB permanen ada baiknya untuk memikirkannya dengan matang. Pasalnya kamu akan menghapus akun tersebut, dengan kata lain kamu telah benar-benar kehilangan akun.

Perlu diketahui bahwa setelah meminta penghapusan akun, kamu masih diberi kesempatan selama 14 hari. Dalam masa tersebut, kamu dapat membatalkan permintaan penghapusan akun. Setelah proses penghapusan dimulai, Facebook membutuhkan waktu sekitar 90 hari untuk menghapus semua data-data kiriman kamu di Facebook.

Cara menonaktifkan akun FB secara permanen hampir sama dengan langkah-langkah cara menonaktifkan secara sementara, namun pada menu Kelola Akun pilih Permintaan Penghapusan Akun.

4 dari 4 halaman

Cara Mengetahui Orang yang Sering Melihat Profil Facebook

Cara Menonaktifkan FB (iStockPhoto)

Kamu mungkin sudah cukup lama memiliki akun Facebook dan menggunakannya untuk berinteraksi dengan teman-teman. Tetapi pernahkah kamu merasa penasaran siapa orang yang sering melihat, mengintip atau pun stalking profil akun Facebook kamu? Berikut cara mengetahui orang yang sering melihat profil Facebook.

· Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka Play Store.

· Lalu cari ‘Who Viewed My Facebook Profile’.

· Kemudian install di ponsel kamu. Aplikasi tersebut cukup terpercaya, hal tersebut bisa dilihat dari jumlah download yang sudah mencapai 1 juta kali.

· Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi tersebut.

· Kemudian pilih Continue with Facebook.

· Lalu masukan email Facebook kamu, lalu klik tombol masuk.

· Kemudian masukan password Facebook kamu dan klik tombol masuk. Kemudian pilih lanjutkan.

· Setelah itu akan muncul siapa saja orang yang sering stalking akun Facebook kamu, biasanya akan muncul iklan video sebelum menampilkan hasil, tetapi jangan khawatir karena iklan hanya sebentar saja.

Bisa dilihat bahwa terdapat banyak fitur yang tersedia di aplikasi ini. Seperti fitur untuk mengetahui siapa yang sering melihat akun Facebook kamu, teman yang paling banyak berkomentar, teman yang paling banyak memberikan like dan masih banyak lagi fitur lainnya. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk mencari tahu siapa saja orang yang sering melihat akun Facebook kamu ?

Sebenarnya, masih banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui orang yang sering stalking akunmu. Tetapi aplikasi tersebut sudah lebih dari cukup untuk menampilkan hasilnya. Meskipun hasil yang ditampilan tidak seratus persen akurat, tetapi tetap bisa kita jadikan patokan.