Cara Menghapus Akun Gmail di Android, Ternyata Mudah

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pengguna Android akun Gmail merupakan akun yang harus dimiliki untuk dapat memaksimalkan pengunaan Android itu sendiri.

Akun Gmail di Android digunakan untuk mengakses Play Store atau menyingkronkan perangkat dengan aplikasi-aplikasi di perangkat Android. Yang lebih penting lagi, dengan menyambungkan akun Gmail ke Android, kamu dapat mengakses email langsung lewat Androidmu.

Terkadang seseorang ingin menghapus akun Gmail di Android. Ada banyak alasan orang ingin menghapus akun Gmail di Android. Bisa karena ingin mengganti ponselnya dengan ponsel baru, mengganti dengan akun Gmail yang baru, atau mungkin ia menggunakan Gmail di hp orang lain dan ingin segera menghapusnya.

Banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menghapus akun Gmail di Android. Hal ini karena jika pengguna membuka langsung pada aplikasi Gmail di Android, pengguna tidak dapat menemukan pilihan log out atau keluar dari akun Gmail tersebut.

Hal ini membuat bingung sebagian orang bingung mencari bagaimana cara menghapus akun Gmail di Android. Sebenarnya cara menghapus akun Gmail di Android dapat dilalukan melalui pengaturan pada ponsel Android itu sendiri.

Berikut cara menghapus akun Gmail di Android yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat (22/2/2019)

2 dari 6 halaman

Cara Menghapus Akun Gmail di Android Pertama

1. Masuk ke menu Setting atau pengaturan di perangkat Android kamu.

2. Buka menu Accounts atau Akun, lalu klik Google. Disini akan terlihat seluruh akun Gmail yang tersambung di ponsel Androidu

3. Pilih akun Gmail yang ingin dihapus, lalu pilih opsi Remove Account atau hapus akun dengan mengetuk ikon 3 titik vertikal di pojok kanan layar.

4. Akun kamu sudah berhasil terhapus di perangkat Android tersebut.

3 dari 6 halaman

Cara Menghapus Akun Gmail di Android Kedua

1. Buka Aplikasi Gmail di perangkat Android kamu

2. Setelah itu kertuk ikon tiga strip di pojok kiri atas

3. Ketuk pada informasi email yang menampilkan nama dan Alamat email kamu

4. Pilih opsi Manage Account

5. Kamu akan langsung diarahkan pada pengaturan akun seperti pada cara menghapus akun Gmail di Android yang pertama.

6. Pilih Google

7. Lalu pilih akun Gmail yang ingin dihapus dari perangkat Androidmu.

8. Selesai

4 dari 6 halaman

Cara Menambah Akun Gmail di Android

Setelah mengetahui cara menghapus akun Gmail di Android,mungkin kamu juga ingin tahu bagaimana menambahkan akun Gmail di Android. Sebagai informasi, kamu dapat menambahkan lebih dari satu akun Gmail di sebuah perangkat Android. Begini caranya:

1. Buka aplikasi Gmail di perangkat Android kamu

2. Setelah itu kertuk ikon tiga strip di pojok kiri atas

3. Ketuk pada informasi email yang menampilkan nama dan Alamat email kamu

4. Lalu pilih Add Account

5. Pilih Google, lalu masukkan alamat Gmail dan kata sandi

6. Selesai

5 dari 6 halaman

Cara membuat akun Google baru di Android

Cara membuat akun Google baru di HP pada dasarnya sama seperti cara membuat akun google baru di komputer

1. Cari menu setting atau pengaturan di HP

2. Cari menu account atau akun.

3. Pilih add account atau tambah akun.

4. Cari ikon google.

5. Akan muncul pilihan sign in dan create a new account.

6. Pilih create a new account.

7. Isi nama depan dan nama belakang.

8. Klik next.

9. Lalu isi tanggal lahir dan jenis kelamin.

10. Klik next.

11. Pilih nama sebagai username

12. Klik next.

13. Jika ternyata terdapat tulisan “That username is taken. Try another” Itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih.

14. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka.

15. Klik next.

16. Selanjutnya adalah memilih password. Masukkan password minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa. Samakan isian kolom atas dengan bawah.

17. Klik next.

18. Langkah selanjutnya adalah tidak wajib diisi. Jika ingin mengisinya kemudian klik next. Jika tidak, klik skip.

19. Akan muncul kotak Privacy and Terms.

20. Klik I Agree.

21. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password.

22. Klik Next.

23. Lalu klik Next.Aplikasi akan memproses. Setelah itu kamu akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah memiliki akun Gmail baru.

24. Dengan memiliki akun email di Gmail, kamu akan dengan semakin mudah mengakses layanan lain seperti YouTube, Google, dan Play Store. Oleh karena itu buatlah akun email di Gmail dengan cara di atas.

6 dari 6 halaman

Manfaat menggunakan akun Gmail

Gmail menjadi salah satu layanan email terbesar di dunia. Jumlah pengguna aktif Gmail terus mengalami pertumbuhan. Berdasarkan data terbaru yang diumumkan di Twitter, jumlah pengguna aktifnya kini telah mencapai 1,5 miliar.

Pencapian ini kian menguatkan posisi Gmail sebagai salah satu layanan email populer. Sebagai catatan, biasanya sejumlah orang memiliki beberapa akun Gmail. Fitur dan tampilan Gmail juga mudah untuk digunakan semua orang. Berikut fitur-fitur Gmail yang dapat mempermudah penggunanya dalam berkirim surat elektronik:

1. Penyaringan Spam

Memang sebagian besar layanan email menawarkan semacam penyaringan sekarang ini, dan penyaringan spam miliki google sangat efektif. Gmail mencoba menyaring adanya upaya spam, virus, dan phising iklan, tapi tidak penyaringan yang 100 persen efektif.

2. Merger dengan Google Hangouts

Dekstop Gmail menampilkan kontak hangouts di sisi kiri layar, sehingga kamu dapat mengetahui siapa saja kontak email kamu yang menggunakan hangouts. Hangouts merupakan sebuah aplikasi messenger yang memiliki kelebihan yakni dapat melakukan video call dengan banyak orang.

3. Akses offline

kamu dapat mengakses Gmail secara offline pada komputer kamu meskipun tidak terhubung dengan internet. Caranya adalah dengan memasang ekstensi Gmail offline chrome pada web browsermu.