Cara Menggunakan Kuota 4G di Ponsel 3G, Simpel dan Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Layanan telekomunikasi berbasis teknologi Frequency Division Duplexing Long Term Evolution (FDD-LTE) alias 4G sudah bisa dinikmati di Indonesia. Saat ini operator seluler di Indonesia berlomba-lomba memberi promo paket 4G murah bahkan gratis untuk para pelanggannya. 

Sambungan 4G memiliki banyak kelebihan dibanding 3G dan jarngan-jaringan pendahulunya. 4G LTE memiliki koneksi internet yang lebih cepat dan memungkinkan Anda berselancar di internet tanpa gangguan buffering sedikitpun.

4G LTE mengklaim mampu mempunyai kecepatan upload hingga 75 Mbps dan download hingga 300 Mbps. Kemampuan ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 3G atau bahkan 2G. Dengan menggunakan jaringan 4G LTE, maka Anda dapat  berinternet lebih cepat dibandingkan saat menggunakan jaringan 3G. Tak ada lagi keluhan buffering lama atau internet terputus saking lemotnya.

2 dari 4 halaman

Streaming dan Video call lebih lancar

Ilustrasi (Sumber: Pixabay)

Penggunaan jaringan 4G LTE juga sangat berpengaruh kepada penggunaan internet lainnya, seperti untuk kebutuhan video call dan streaming. Video call dan streaming saat ini merupakan kegiatan yang digemari oleh banyak kalangan.

Banyaknya aplikasi pada ponsel yang mendukung kegiatan streaming dan video call semakin memudahkan segalanya.

Saat ini seluruh operator seluler telah mendukung jaringan 4G LTE di Indonesia. Harga dari kouta data 4G sendiri terbilang cukup murah dan dapat dijangkau masyarakat. Akibatnya banyak orang yang hijrah dari jaringan 3G ke 4G LTE untuk mendapatkan semua keuntungan tersebut.

Namun untuk menggunakan layanan 4G LTE dibutuhkan perangkat yang kompatibel dengan jaringan tersebut. Anda tidak dapat begitu saja menikmati jaringan 4G LTE di ponsel yang hanya mendukung jaringan 3G saja.

Untuk menikmati layanan 4G LTE Anda perlu menggunakan perangkat atau ponsel yang telah didukung oleh sistem 4G LTE pula. Saat ini sudah banyak ponsel yang memiliki sistem 4g LTE pada jaringannya. Bahkan hampir seluruh ponsel keluaran terbaru di Indonesia saat ini sudah mendukung sistem jaringan 4G LTE.

Namun bagaimana ceritanya jika Anda belum berniat mengganti ponsel 3G anda dengan ponsel 4G yang terbaru? Anda pasti ingin tetap menikmati beragam penawaran paket internet 4G yang semakin menjamur di mana-mana. Kuota 3G pun saat ini terbilang mahal dibanding kouta 4G. 

Ponsel 3G memang tidak dapat tersambung dengan jaringan 4G karena memang perangkatnya tidak mendukung layanan tersebut. Namun ada beberapa trik lain agar Anda dapat menikmati layanan 4G di HP 3G anda. Cara menggunakan kuota 4G di HP 3G ini cukup mudah, anda tak perlu mengubah apapun pada settingan HP anda.

Berikut Cara menggunakan kuota 4G di HP 3G yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat(1/1/2019) untuk anda yang sedang mencari Cara menggunakan kuota 4G di HP 3G :

3 dari 4 halaman

Cara menggunakan kuota 4G di HP 3G Menggunakan WiFi

Ilustrasi WiFi (pixabay.com)

Cara menggunakan kuota 4G di HP 3G yang pertama adalah dengan menggunakan modem WiFi sebagai media pengubah jaringan. Menggunakan WiFi ini bisa menjadi cara menggunakan kuota 4G di HP 3G agar kouta 4G Anda tak terbuang sia-sia. Berikut langkah-langkahnya :

– Pertama Anda harus memastikan bahwa modem Anda sudah terdukung jaringan 4G. masukkan kartu SIM yang terdapat kouta 4G kedalam slot SIM modem Anda.

– Kemudian sambungkan modem Anda ke laptop.

– Nyalakan WiFi hotspot dari laptop Anda seperti biasa agar sambungan internet dapat Anda nikmati di HP 3G anda.

– Setelah hotspot modem Anda aktif, Anda dapat mengaktifkan sambungan Wifi pada HP 3G Anda dan pilih hotspot yang Anda atur di laptop Anda.

– Kouta 4G berhasil nikmati melalui cara menggunakan kuota 4G di HP 3G ini.

4 dari 4 halaman

Cara menggunakan kuota 4G di HP 3G menggunakan MiFi

Mungkin menggunakan modem WiFi terasa cukup merepotkan bagi Anda yang aktif beraktivitas. Anda tak mungkin mengaktifkan modem dengan laptop kemana-mana.

Ada satu Cara menggunakan kuota 4G di HP 3G yang dapat anda lakukan tanpa ribet harus membawa laptop dan modem. Cara menggunakan kuota 4G di HP 3G tersebut adalah menggunakan MiFi. Ada yang menyebut MiFi adalah kependekan dari Mini WiFi ada pula yang menyebutnya Mobile WiFi.

Ukuran dari MiFi ini sendiri memang tergolong mini dan didesain sebagai portable atau dapat dibawa kemana-mana. Tak seperti modem WiFi sebelumnya, Anda tak perlu menyambungkan MiFi ke laptop untuk mengaktifkan Hotspot. MiFi sudah secara otomatis menyambungkan Hotspot saat dinyalakan.

Dengan begitu anda dapat membawa MiFi kemanapun anda mau tanpa menghabiskan space di tas atau kantong anda. Berikut cara menggunakan kuota 4G di HP 3G menggunakan MiFi :

– Seperti modem, Anda harus memastikan bahwa modem Anda sudah terdukung jaringan 4G.

– Masukkan kartu SIM yang terdapat kouta 4G kedalam slot SIM MiFi Anda.

– Lalu aktifkan tombol MiFi, cara mengaktifkannya berbeda pada tiap MiFi tergantung merek dan jenisnya.

– Setelah hotspot MiFi Anda aktif, anda dapat langsung menyambungkan HP Anda ke sambungan Hotspot MiFi tersebut.

– Kouta 4G berhasil nikmati melalui cara menggunakan kuota 4G di HP 3G ini. mudah bukan?