Cara Mengaktifkan BBM Lama di Perangkat Baru, Mudah dan Tidak Ribet

Liputan6.com, Jakarta Sebelum hadirnya Instagram dan WhatsApp, BBM atau BlackBerry Messenger sudah lebih dulu menguasai pasaran media komunikasi online. Aplikasi chatting online ini sempat menjadi raja di dunia maya. Selain mempermudah komunikasi, BBM juga menjadi sumber hiburan melalui fitur statusnya yang menarik perhatian. 

Awalnya, BBM hanya diperuntukkan ponsel BlackBerry saja. Namun, dengan hadirnya smartphone Android dan iPhone, BBM pun melebarkan sayapnya sehingga dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

Fitur Baru Bernama Group War

Meski aplikasi chatting kian bertebaran, kiprah BBM tidak berakhir begitu saja. Buktinya, BBM kini justru menghadirkan fitur-fitur baru yang memanjakan penggunanya. Yang terbaru lewat fitur bernama Group War, BBM menghadirkan kuis berhadiah pertama di Indonesia yang menggabungkan chatbot dan dompet digital dalam satu platform group chat.

Dengan integrasi tersebut, kuis dengan total hadiah ratusan juta dapat langsung dibagikan pada para pemenang melalui chat. Nantinya, hadiah langsung masuk dalam saldo dompet digital DANA di BBM. Fitur tersebut dirilis pada akhir tahun 2018 silam.

BBM Comic

Tidak lama sebelum fitur Group War hadir, BBM meluncurkan layanan BBM Comic yang kini telah tersedia ratusan judul komik digital buatan ilustrator Indonesia untuk dibaca pengguna BBM. Dalam menu ini, pengguna BBM dapat mencari komik favorit mereka. Total, ada delapan genre yang dapat dipilih, antara lain adalah romance, comedy, horror, slice of life, drama, action, dan special.

Dengan berbagai hiburan yang diciptakan BBM, maka tak heran jika banyak pengguna ponsel pintar masih bertahan menggunakan aplikasi chatting online ini.  Bagi kamu yang tertarik kembali menggunakan BBM, kamu dapat segera unduh aplikasi ini melalui PlayStore maupun App Store.

Meskipun digunakan di perangkat baru, semua kontak BBM akan tetap sama sehingga kamu bisa kembali berkomunikasi dengan teman-teman di BBM. Apalagi jika kamu ingin menyapa seseorang yang pernah kamu temui sebelumnya di aplikasi ini. dengan kata lain, kamu tidak akan kehilangan kontak BBM yang dulu pernah berkomunikasi denganmu.

Namun, apa jadinya jika kamu lupa cara mengaktifkan BBM lama yang kamu miliki? Tidak perlu khawatir, berikut Liputan6.com sajikan langkah lengkap mengaktifkan akun BBM lama di perangkat barumu, yang dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (27/2/2019).

Cara Mengaktifkan BBM Lama Menggunakan Email

Cara mengaktifkan BBM
Cara mengaktifkan BBM

Panduan ini bisa dilakukan asal kamu masih ingat alamat email yang kamu gunakan beserta kata sandi BBM. Jika kamu tidak mengingat keduanya, sayangnya akun BBM kamu tidak akan bisa diaktifkan kembali. Namun, jika kamu hanya lupa alamat email saja, kamu bisa mengatur kata sandi baru, yang akan dijelaskan setelah ini.

Kali ini, kamu bisa mempraktikkan cara mengaktifkan BBM lama untuk kembali menggunakan aplikasi chatting online yang hits ini. Yuk simak!

Pertama, buka aplikasi BBM yang telah kamu download. Tampilan awal aplikasi BBM tidak begitu berbeda dengan tampilan yang lama. Karena kamu menggunakan alamat email, kamu bisa langsung klik opsi Sign-In yang berada di pojok kanan bawah. Selanjutnya, akan muncul tampilan baru.

Jika dulu kamu belum sempat mendaftarkan nomor telepon, maka kamu bisa memilih opsi ‘masuk dengan alamat email’ atau ‘Login with email’. Kemudian kamu akan dituntun ke halaman baru yang berisi kolom alamat email dan kata sandi. Pada kolom tersebut, isilah sesuai alamat email serta kata sandi yang kamu gunakan dahulu.

Jika sudah yakin, klik ‘Next’ untuk melanjutkan. Tunggu beberapa saat karena BBM sedang menghubungkan akun BBM lama kamu untuk kembali diaktifkan. Lalu, akan muncul halaman baru. Di situ, kamu hanya perlu klik opsi ‘Skip’.

Kamu akan dihadapkan dengan pertanyaan cari teman. Karena kamu hanya ingin menyapa kontak BBM lama, kamu bisa klik lompati dan lewati. Setelah itu, kamu akan berhasil masuk kembali ke akun BBM lama kamu. Itulah cara mengaktifkan BBM lama di perangkat baru agar kamu bisa kembali berkomunikasi dengan kontak yang ada di BBM.

BlackBerry Messenger
Ikon baru BlackBerry Messenger

Cara Mengaktifkan BBM Lama Jika Lupa Kata Sandi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jika kamu lupa kata sandi akun BBM, kamu tidak akan bisa mengaktifkan BBM lamamu. Namun, ada cara mengaktifkan BBM lama yang lupa kata sandi melalui alamat email yang kamu gunakan.

Caranya sama seperti langkah awal di atas. Setelah klik ‘Login with email’, selanjutnya kamu klik ‘Lupa kata sandi?’ atau ‘Forgot Password?’. Setelah itu, kamu akan mendapatkan email yang berisi kode verifikasi yang dikirim melalui email yang kamu gunakan.

Untuk itu, buka kotak masuk email yang kamu gunakan untuk mendapatkan kode verifikasi. Lalu, masukkan kode tersebut untuk melanjutkan langkah selanjutnya. Kamu akan diminta untuk mengisi kata sandi baru. Pastikan untuk membuat kata sandi yang aman sehingga tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Cara Mengaktifkan BBM Lama Menggunakan Nomor Telepon

Cara di atas juga berlaku jika kamu mendaftarkan akun BBM kamu melalui nomor telepon. Kamu akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor teleponmu. Kemudian, lakukan langkah yang sama seperti di atas.

Lanjutkan Membaca ↓