Cara Menambah Followers Twitter dengan Gratis, Mudah, dan Aman

Liputan6.com, Jakarta Saat ini media sosial menjadi tempat yang tepat untuk mengekspresikan diri. Ragam jenis jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga YouTube memiliki keunggulannya masing-masing. Setiap media sosial bisa dimanfaatkan dengan tujuan yang berbeda-beda.

Tujuan setiap orang untuk menggunakan media sosial pun bermacam-macam. Ada yang menggunakannya untuk aktualisasi diri, hiburan, atau bahkan berbisnis. Jayson DeMers selaku SEO demystify dan pebisnis online marketing mengatakan pada Forbes, bahwa Twitter merupakan salah satu alat yang ampuh untuk melakukan bisnis jika digunakan dengan benar.

Di Twitter Anda bisa mendapatkan arahan, memperkenalkan produk Anda, dan membangun koneksi dengan prospek yang baik. Namun, ada masalah yang dihadapi saat membangun bisnis dengan menggunakan media sosial Twitter adalah untuk mendapatkan pengikut atau followers.

Memiliki followers aktif di Twitter bukan hanya persoalan gengsi, dan followers bukan hanya soal angka. Mengapa? Followers di Twitter memiliki nilai nyata untuk kelangsungan bisnis ataupun tujuan hiburan Anda. Kenyataannya, 36% pebisnis mengatakan bahwa mereka telah mendapatkan pelanggan dengan menggunakan Twitter.

Nah, oleh karena itu penting untuk memiliki jumlah followers yang cukup signifikan guna kelancarakan bisnis. Berikut Liputan6.com, Sabtu (23/2/2019) telah merangkum dari Forbes, cara menambah followers Twitter. Twitter memiliki pilihan iklan berbayar yang sangat bagus dan sangat efektif untuk bisa mendapatkan followers. Namun, di dalam penjelasan berikut hanya dijelaskan bagaimana cara menambah followers Twitter secara gratis.

2 dari 4 halaman

Cara menambah followers Twitter dengan gratis

1. Follow lebih banyak orang

Penelitian menunjukkan korelasi antara jumlah orang yang diikuti dengan jumlah pengikutnya. Follow banyak akun Twitter, terutama akun yang dikelola oleh orang yang Anda kenal dalam keseharian.

2. Gunakan alat seperti Hootsuite atau SproutSocial

Hal ini berguna untuk menjadwalkan posting tweet Anda. Dengan melakukan posting atau nge-tweet secara teratur, mampu meningkatkan keterlibatan dan visibilitas Anda. Sehingga mampu meningkatkan jumlah followers Anda.

3. Gunakan Twiends untuk menemukan pengguna Twitter baru yang dapat dihubungi

Nah, dengan mendaftarkan diri Anda di platform ini, maka pengguna lain yang memiliki minat sama dengan Anda akan dengan mudah menemukan dan mengikuti Anda.

4. Optimalkan bio Twitter

Pengguna Twitter yang ingin mengikuti Anda sebelumnya past tertarik untuk mengetahui tentang diri Anda terlebih dahulu. Mereka akan mengunjungi profil Twitter Anda dan melihat bio Anda.

Oleh karena itu, optimalkan bio Twitter Anda. Pastikan bio Anda dibuat dengan baik, lengkap, dan benar-benar mewakili Anda atau bisnis Anda.

5. Gunakan tautan di tweet Anda

Tweet dengan tautan akan mendapatkan lebih banyak retweet daripada yang tidak menggunakannya.

3 dari 4 halaman

Cara menambah followers dengan mudah

Ilustrasi Twitter (Liputan6.com/Sangaji)

6. Gunakan kata kunci yang relevan di bio Twitter

Hal ini akan mempermudah akun Anda dalam pencarian. Jangan lupa untuk mencantumkan nama kota atau wilayah Anda untuk menarik pengguna lokal.

7. Gunakan tagar atau hashtag

Menggunakan tagar atau hashtag di setiap postingan tweet Anda akan menarik setidaknya dua kali lebih banyak orang untuk terlibat. Selain itu, akan membantu Anda menarik pengikut baru atau followers baru yang sedang mencari kata kunci atau hashtag tersebut.

8. Minta retweet di posting-an

Tweet yang menyertakan ‘Silakan Retweet’ dalam cuitannya, maka mereka akan mendapat empat kali retweet lebih banyak.

9. Cantumkan kontak e-mail di Twitter

Anda bisa menemukan orang yang Anda kenal dengan mengunggah kontak e-mail Anda ke Twitter. Cara ini memungkinkan Anda untuk diikuti kembali, terutama karena mereka mengenal Anda di kehidupan nyata.

10. Cantumkan gambar pada tweet

Penelitian menunjukkan bahwa tweet yang menggunakan gambar akan lebih banyak menerima keterlibatan dari pengguna lain sebanyak 18% daripada yang tidak menggunakannya.

4 dari 4 halaman

Menambah followers Twitter dengan cara aman

11. Promosikan akun

Anda bisa mempromosikan akun Twitter Anda di setiap materi atau media pemasaran. Anda bisa melakukannya di kartu pengenal bisnis Anda, brosur, situs web, atau tanda pengenal lainnya.

12. Jangan menggunakan logo

Pada foto profil akun Twitter Anda, sebaiknya menampilkan foto diri Anda. Menampilkan foto yang menggambarkan diri Anda dengan jelas akan sangat lebih penting, daripada menggunakan logo bisnis. Perlihatkan bahwa ada sosok orang sungguhan di balik produk atau brand bisnis Anda dengan menggunakan foto pribadi.

13. Promosikan akun Twitter di media sosial

Pastinya Anda memiliki lebih dari satu akun media sosial. Promosikan akun Twitter Anda di akun media sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram. Ajak orang lain untuk memfollow akun Twiter Anda dengan cara yang menarik. Misalnya, bujuk calon followers dengan menyebut kalau Anda sedang mengadakan obrolan menarik di akun Twitter Anda.

14. Nge-tweet di akhir pekan

Penelitian dan Zarrella menunjukkan bahwa brand produk, atau apa saja akan mendapatkan keterlibatan sebanyak 17% lebih banyak di akhir pekan.

15. Cantumkan tweet di dalam akun media sosial lainnya

Menampilkan tweet yang sangat menarik atau populer di postingan blog, Instagram, atau Facebook dapat menarik pengikut Anda di media sosial terssebut untuk mengunjungi dan mengikuti Anda di Twitter.

Beberapa cara menambah followers Twitter di atas bisa Anda ikuti. Tak hanya untuk pebisnis yang memiliki produk, namun bisa juga digunakan oleh pegiat lainnya seperti motivator, entertainer, politikus, penulis, internet marketer dan profesi lainnya.

Selama Anda memiliki konten khusus yang dibuat atau dibentuk, menggunakan cara di atas untuk mendapatkan followers sangat dianjurkan. Mudah dipraktikkan, bukan? Selamat mencoba!