Cara Membuat Blogspot yang Simpel bagi Pemula, Mudah dan Gratis

Liputan6.com, Jakarta Di zaman yang serba digital kini, membuat semua orang bisa berkarya dan ambil bagian dengan kemajuan teknologi. Selain itu, saat ini tiap orang pun bebas untuk mengekpresikan ataupun berkarya dengan bantuan teknologi. 

Apabila kamu senang untuk berimajinasi dan dituangkan pada sebuah tulisan, mungkin membuat blog bisa menjadi salah satu solusi. Selain bisa mengeksplorasi imajinasi dengan tulisan, kamu pun bisa mengasah kemampuan menulismu.  

Meskipun memiliki chanel Youtube bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, nyatanya membuat sebuah blog pun bisa mendatangan keuntungan loh. Salah satu platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog ialah melalui blogspot. Selain itu, cara membuat blogspot pun cukup mudah apalagi bagi para pemula. 

Kamu pasti pernah melihat sebuah blog yang penuh dengan iklan kan? Nah iklan yang kamu lihat merupakan salah satu bentuk jika blog yang kamu miliki memiliki banyak pembaca. Cara membuat blogspot agar bisa mendatangan pundi-pundi Rupiah juga bisa kamu gunakan Google Adsense.

Jika kamu telah mengetahui cara membuat blogspot, kamu pun bisa membuat blog milikmu tampak menarik dengan desain dan tema yang ada. Selain itu, cara membuat blogspot pun tidak dikenai biaya loh alias gratis. 

Kamu masih kebingungan bagaimana cara membuat blogspot? Maka kamu bisa loh melihat rangkuman Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/2/2019) berikut ini mengenai cara membuat blogspot yang gratis dan juga mudah.

2 dari 4 halaman

Cara membuat blogspot secara simpel.

Salah satu cara mudah membuat sebuh blog ialah menggunakan blogger.com atau blogspot. Cara membuat blogspot ini termasuk yang paling mudah digunakan. Hal ini dikarenakan blogspot sendiri merupakan platform blogging yang ramah bagi para pemula.

Selain itu, blogspot juga merupakan platform besutan dari google, sehingga fitur yang ditawarkan pun cukup banyak. 

Cara membuat blogspot pun bisa kamu lakukan dengan 2 cara. Cara pertama ialah membuat blog menggunakan smartphone. Sedangkan cara kedua membuat blog menggunakan komputer ataupun laptop. Membuat sebuah blog baik itu dari smartphone ataupun dari laptop keduanya sama-sama mudah.

3 dari 4 halaman

1. Cara membuat blogspot dengan smartphone

Dengan kemajuan teknologi yang ada, saat ini pun kamu sudah bisa loh mengetahui cara membuat blogspot via smartphone.Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu perhatikan saat membuat blog menggunakan smartphone.

1. Unduh aplikasinya. Untuk membuat blog via ponsel kamu harus mengunduh aplikasi blogspot terlebih dahulu. Aplikasi yang tersedia untuk blogspot adalah Blogger.com. Kamu bisa mengunduhnya melalui google play store ataupun melalui app store.

2. Masukan alamat email. Setelah kamu selesai mengunduh dan juga menginstall aplikasi tersebut, langkah selanjutnya ialah memasukan alamat email untuk membuat akun.

3. Sign Up dengan alamat email. Selanjutnya ialah lakukan sign up dengan memasukan alamat email dan juga password yang kamu miliki.

4. Edit profil. Setelah berhasil masuk pada aplikasi tersebut, kamu bisa untuk mulai mengisi profil yang ada sesuai dengan keinginan dan juga arahan pada halaman edit profil. Selanjutanya kamu bisa memilih buat blog baru.

5. Tulis alamat blog dan judul blog. Setelah menampilkan halaman buat blog baru, kamu bisa menuliskan alamat blog. Harus kamu perhatikan saat mengisi alamat blog ini, kamu harus menuliskannya dengan nama yang belum pernah dipakai oleh pengguna lainnya.

6. Klik desain template. Jika sudah menuliskan alamat dan juga judul blog kamu bisa untuk memilih desain template yang sesuai dengan keinginan kamu.

Setelah selesai memilih, kamu bisa mulai menulis isi blog pada blogspot. Blog pertama kamu pun telah jadi dan siap dibaca oleh orang lain.

4 dari 4 halaman

2. Cara membuat blogspot dengan PC atau Laptop

Untuk membuat blogspot melalui PC ataupun laptop, kamu pun perlu menyiapkan alamat email menggunakan gmail. Berikut ini cara membuat blogspot menggunakan PC ataupun Laptop yang mudah untuk di praktikan.

1. Buka halaman browser. Langkah pertam ialah kamu perlu untuk membuka halaman browser pada PC atau laptop kamu kemudian ketikan alamat www.blogger.com pada kolom alamat website.

2. Klik create your blog. Setelah muncul halaman blogger.com kamu bisa mengklik pada tombol create your blog untuk memulai membuat blog baru.

3. Buat akun dengan email. Selanjutnya kamu bisa menuliskan alamat email dan juga password untuk membuat akun baru pada blogspotmu. Meskipun kamu membuat akun baru, tapi kamu tak perlu untuk mendaftar. Karena blogspot pun langsung menghubungkan dengan data yang ada pada akum gmail kamu.

4. Lengkapi profil. Setelah masuk pada akun blogger.com kamu akan diarahkan untuk mengisi profil pada blog kamu. Meskipun kamu diminta untuk melengkapi profil, akan tetapi kamu bisa loh untuk mengisinya dilain waktu.

5. Settingan dasar pada dashboard. Pada halaman profil, kamu bisa langsung menuju dashboard untuk mengatur tampilan awal pada blog yang akan kamu buat. Pada dashboard ini kamu bisa untuk menuliskan judul serta alamat blog dan juga tema yang ada.

Selanjutnya klik create blog. Jika kamu ditawari untuk membeli sebuah domain, kamu bisa menolaknya loh dengan mengklik No Thanks yang ada pada layar.

6. Pengaturan post blog. Langkah selanjutnya kamu akan menuju dashboard untuk mengatur blog dan juga menuliskan isi blog milik kamu. Kemudian kamu bisa mengklik publish jika telah selesai menulis isi blog.

7. Lihat hasil postingan. Terakhir jika kamu ingin melihat bagaimana tampilan postingan tulisan kamu pada blog, kamu bisa mengklik visit blog ataupun mengetik alamat blog yang kamu buat.