Cara Membuat Akun BBM Baru dengan Email dan Nomor HP, Mudah Banget Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Saat ini banyak sekali aplikasi untuk mendukung kamu dalam berhubungan dengan orang lain. Berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya jauh dengan kita menggunakan sebuah aplikasi tentunya dirasa lebih efektif dan juga efisien.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga ialah BlackBerry Messenger atau BBM. Awalnya aplikasi pengirim pesan ini hanya tersedia bagi kamu yang memiliki ponsel Blackberry. Namun semakin banyaknya ponsel pintar yang ada dengan sistem operasi Android, maka BBM ini pun dapat diakses dengan smartphone Android.

Aplikasi yang dirilis pada 13 Maret 2013 lalu ini selain dapat digunakan mengirim pesan dan juga telepon, BBM pun memiliki beberapa fitur pendukung lainnya. Fitur pendukung yang dapat kamu temui dalam BBM ini antara lain berbagi lokasi menggunakan Google Maps, menampilkan status dari kontak yang kamu miliki dan beberapa lainnya.

Apa bila kamu ingin membuat akun baru BBM ini, cara membuat akun BBM baru sangat mudah dilakukan. Terdapat 2 cara membuat akun BBM baru, yaitu dengan menggunakan alamat email dan juga dengan menggunakan nomor ponsel.

Cara membuat akun BBM baru dengan email maupun nomor telepon ini bisa kamu lihat di bawah ini, seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/1/2019).

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Akun BBM dengan Email

Ilustrasi Email (tsl.texas.gov)

Sebelum kamu membuat akun baru di BBM, tentu saja kamu harus memiliki aplikasi BBM terlebih dahulu. Kamu bisa mendownload di App Store ataupun di Google Play bagi kamu yang tidak menggunakan Blackberry.

1. Siapkan email

Setelah kamu memiliki aplikasi dari BBM, cara membuat akun BBM yang pertama ialah kamu harus menyiapkan email untuk sign-in atau mendaftar di BBM.

2. Lengkapi alamat email dan password

Setelah itu kamu diharuskan untuk melengkapi data yang terdapat pada halaman awal. Kamu hanya perlu untuk menuliskan nama, alamat email serta password yang terdiri dari 6 karakter. Setalah itu kamu klik pada pilihan ‘Create Account’.

3. Konfirmasi email

Setelah kamu meng-klik ‘Create Account’, maka kamu harus mengkonfirmasi, apakah alamat email yang kamu masukan telah benar atau tidak. Jika alamat email yang kamu masukkan sudah benar, kamu hanya perlu memilih ‘it’s correct’ sebagai konfirmasi alamat email.

4. Temukan teman

Setelah proses proses konfirmasi dilakukan, kamu akan menemukan laman ‘Find Friend’ atau temukan teman. Langkah ini bisa kamu lewati dengan memilih pilihan ‘skip’ di layar ponsel kamu. Atau kamu juga bisa memilih pilihan ‘Ok’ jika ingin.

5. Isi profil

Jika telah muncul halaman ‘Personalize Your Profil’, maka akun BBM yang kamu buat dengan email telah berhasil dilakukan. Kamu bisa memilih untuk memasang foto profil kamu dengan memilih dari galeri foto ataupun langsung ambil foto saat itu juga.

6. Verifikasi email

Meskipun akun BBM baru telah berhasil kamu buat, akan tetapi email yang kamu cantumkan belum terverifikasi. Oleh karena itu, kamu bisa log-in atau masuk pada email yang kamu gunakan saat membuat akun BBM baru tadi. Setelah itu, kamu bisa membuka pesan masuk yang dikirimkan ke alamat email kamu dari Blackberry. Kamu hanya perlu membuka pesan tersebut dan pilih pada tulisan ‘confirm your email addres’.

Setelah kamu memilih ‘confirm your email addres’, maka secara otomatis, ponsel kamu akan membuka laman browser untuk masuk dalam BBM. Dan saat laman di browser menunjukan akun BBM, kamu hanya perlu menuliskan password yang telah kamu buat, karena alamat email ini sudah terisi.

7. Buka aplikasi BBM

Jika kamu sudah log-in menggunakan browser, kamu bisa membuka kembali akun BBM dalam aplikasi BBM yang sebelumnya telah kamu unduh. Dan aplikasi ini pun sudah siap kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan teman ataupun keluarga kamu.

Jika sudah dapat digunakan, kamu bisa melengkapi profil pada akun yang telah kamu buat. Selain itu kamu juga bisa menambah dan menerima teman dari akun BBM dengan menggunakan pin unik BBM ataupun dengan scan barcode yang ada.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Akun BBM dengan Nomor HP

Ilustrasi smartphone

Cara membuat akun BBM lainnya ialah menggunakan nomor HP. Kamu bisa mendaftar ataupun membuat akun BBM ini tak perlu menggunakan alamat email. Cara membuat akun BBM baru menggunakan nomor HP pun lebih mudah dilakukan daripada menggunakan alamat email.

1. Lengkapi form daftar

Setelah kamu mengunduh BBM, maka kamu diharuskan untuk mengisi form pendaftaran terlebih dahulu. Kamu hanya perlu mengisi nama, kode ponsel negara, nomor HP serta password baru untuk akun BBM baru kamu.

Sebelum mengisi form tersebut, kamu sebaiknya memilih kode ponsel negara agar bisa menggunakan nomor ponsel yang akan didaftarkan. Setelah itu isi semua yang ada pada daftar form dengan lengkap. Pastikan juga bahwa nomor ponsel yang kamu daftarkan masih aktif.

2. Konfirmasi nomor ponsel

Setelah mengisi form tersebut, kamu hanya perlu memilih pada pilihan ‘Create account’ kemudian akan muncul laman konfirmasi melalui SMS yang kamu dapatkan di nomor yang kamu daftarkan.

Tuliskan kode konfirmasi yang masuk melalui SMS di ponsel kamu pada kolom yang telah tersedia. Setelah memastikan bahwa kode yang kamu tulis itu benar, maka kamu hanya perlu menekan tombol ‘Verify’. Kamu hanya perlu menunggu sebentar saja untuk memverifikasi akun BBM.

3. Temukan teman

Sama halnya setelah kamu membuat akun BBM menggunakan email, membuat akun BBM dengan ponsel pun kamu akan mendapatkan pilihan untuk mencari teman baru. Namun hal ini pun bisa kamu lewati begitu saja. Selain akan menemukan pilihan untuk menambahkan teman baru, kamu juga akan mendapatkan pilihan untuk menambahkan teman lewat kontak telpon. Kamu juga bisa untuk melewati pilihan ini.

4. Gunakan BBM

Setelah kamu melewati proses dari cara membuat akun BBM menggunakan nomor ponsel di atas, kamu sudah bisa memakai akun BBM yang kamu buat. Kamu bisa memulai dengan memasang foto profil di akunmu dan menambahkan status serta pertemanan di akun BBM kamu.

Jadi apabila kamu ingin membuat akun BBM baru kamu bisa membuatnya dengan memilih salah satu cara di atas. Membuat akun baru memang sangat mudah dan cepat, dan selain itu kamu juga bisa untuk memulai menjalin komunikasi dengan teman serta keluarga kamu menggunakan BBM.