Cara Logout BBM di Android Tanpa Hapus Aplikasi, Simpel Banget

Liputan6.com, Jakarta Inovasi teknologi memprakarsai hadirnya alternatif komunikasi antar manusia berupa media sosial. Media sosial sendiri adalah media atau platform yang digunakan untuk bersosialisasi dengan cara daring atau online. Dengan kata lain, media sosial memungkinkan adanya komunikasi melalui dunia virtual. 

Awalnya, media sosial bentuk pertama yang diciptakan adalah Friendster. Situs jejaring sosial kemudian mulai menjamur dengan hadirnya Facebook, Twitter, Tumblr dan sebagainya. Situs-situs tersebut mengenalkan istilah chatting hingga pada akhirnya aplikasi khusus chatting diciptakan untuk mempermudah komunikasi.

2 dari 6 halaman

Fitur Modern BBM

Misalnya, BBM atau BlackBerry Messenger yang namanya sudah pasti tidak asing di telinga banyak orang. Sebelum hadirnya Instagram dan WhatsApp, BBM sudah lebih dulu menguasai pasaran media komunikasi online. Aplikasi chatting online ini naik daun berkat fitur modernnya yang saat itu masih jarang ditemukan.

Awalnya, BBM hanya diperuntukkan ponsel BlackBerry saja. Namun, dengan hadirnya smartphone Android dan iPhone, BBM pun melebarkan sayapnya dengan tujuan memberi kesempatan berbagai pengguna smartphone untuk menikmati fiturnya yang menyenangkan, sekaligus meningkatkan pemasukan yang didapat.

Strategi BBM tersebut membuahkan hasil yang positif mengingat banyaknya pengguna non-BlackBerry yang justru menginstal aplikasi BBM. Pada dasarnya, BBM merupakan aplikasi chatting online yang sangat mudah digunakan.

Berbagai usia bisa menggunakan aplikasi ini dengan nyaman karena kesederhanaannya. Maka tak heran jika BBM sangat diagung-agungkan, sebelum munculnya aplikasi chatting online lain.

3 dari 6 halaman

Logout BBM untuk Ganti Akun

Namun, pernahkah Anda mengalami kesulitan untuk logout akun BBM? Logout akun BBM dilakukan dengan berbagai alasan. Misalnya, saat ingin mengganti akun BBM karena lupa kata sandi.

Lalu, bagaimana cara logout BBM di perangkat Anda, khususnya di HP Android? Sebenarnya ada cara mudah logout akun BBM tanpa harus menghapus aplikasi. Pasalnya, jika Anda menghapus aplikasi, artinya Anda harus kembali mengunduh dan memerlukan kuota internet.

Ketimbang harus repot-repot copot-pasang aplikasi BBM, Anda bisa lakukan cara logout BBM di Android berikut, yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/2/2019).

4 dari 6 halaman

Cara Logout BBM di HP Android

Cara logout BBM

Terlepas dari fitur canggih dan penuh hiburan, BBM mempunyai kelemahan yaitu pada sistem logout akun. Pasalnya, BBM tidak punya pilihan logout atau keluar akun. Sehingga banyak orang yang menempuh langkah sulit untuk cara logout BBM.

Misalnya, dengan lepas-pasang aplikasi BBM yang justru membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit.

Padahal, ada cara logout BBM yang ampuh tanpa harus hapus aplikasi dan membuang-buang kuota internet. Dengan cara berikut ini, Anda dapat mengganti akun BBM dengan akun lain, atau ketika Anda ingin menon-aktifkan aplikasi secara sementara.

Cara logout BBM ini dikhususkan untuk HP Android saja.

Pertama, buka pilihan menu yang tersedia di perangkat Android Anda. Cari menu ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’ jika perangkat Anda dalam bahasa Indonesia. Selanjutnya, klik menu tersebut untuk melanjutkan.

Cari sub-menu Aplikasi. Pada langkah ini, beberapa merek HP mungkin memiliki sistem penulisan yang berbeda. Misalnya, Manajer Aplikasi atau hanya Apl saja. Namun, intinya Anda hanya perlu membuka menu Aplikasi yang terdapat dalam perangkat Anda.

Gulir ke bawah hingga Anda menemukan aplikasi BBM. Buka aplikasi tersebut lalu klik ‘Clear data’ atau ‘Hapus data’. Dengan cara logout BBM, akun BBM Anda secara otomatis telah dilogout. Jika Anda tidak menemukan opsi hapus data, mungkin HP Anda berbeda. Jangan khawatir, cari opsi ‘Storage’ atau penyimpanan untuk menemukan opsi hapus data.

5 dari 6 halaman

Kolaborasi BBM dan Layanan Dompet Digital

Pada saat awal peluncuran, BBM hanya berupa fitur chatting dan gonta-ganti foto profil. Namun, seiring berkembangnya teknologi informasi, BBM pun turut terjun memperbarui fiturnya agar selalu mengikuti perkembangan zaman.

Yang terbaru, BBM bahkan menyediakan layanan dompet digital. Dalam fitur baru ini, BBM berkolaborasi dengan layanan dompet digital DANA untuk memudahkan para pengguna. Fitur ini berupa kemampuan transfer uang ke sesama pengguna BBM. Rupanya, tab baru DANA yang menggantikan tab Discover hanya tersedia untuk pengguna BBM di Indonesia.

Dengan fitur transfer uang lewat DANA, BBM menjadi aplikasi chat pertama di Indonesia yang memiliki fitur tersebut. Nantinya, pengguna dapat menggunakan uang itu untuk beragam keperluan, mulai dari membeli pulsa hingga membayar tagihan di DANA.

6 dari 6 halaman

Fitur Baru Bernama Group War

Meski aplikasi chatting kian bertebaran, kiprah BBM tidak berakhir begitu saja. Buktinya, BBM kini justru menghadirkan fitur-fitur baru yang memanjakan penggunanya. Yang terbaru lewat fitur bernama Group War, BBM menghadirkan kuis berhadiah pertama di Indonesia yang menggabungkan chatbot dan dompet digital dalam satu platform group chat.

Dengan integrasi tersebut, kuis dengan total hadiah ratusan juta dapat langsung dibagikan pada para pemenang melalui chat. Nantinya, hadiah langsung masuk dalam saldo dompet digital DANA di BBM. Fitur tersebut dirilis pada akhir tahun 2018 silam.