Cara Download Game PPSSPP dan Rekomendasi Game Terbaik yang Wajib Dimainkan

Liputan6.com, Jakarta PPSSPP adalah sebuah emulator PSP (PLAYSTATION Portabel) yang bisa menjalankan mayoritas game yang dibuat untuk konsol portabel buatan Sony. Dirilis pada tahun 2004, PSP merupakan konsol permainan genggam yang dirilis oleh Sony untuk menyaingi Game Boy milik Nintendo. 

Yang namanya konsol, pasti memiliki batas usia pemakaian. Oleh karena itu, kehadiran emulator mutlak dibutuhkan bagi pecinta game game PSP. Salah satu emulator yang paling sering digunakan adalah PPSSPP yang bisa memainkan game PSP yang bertipe iSO. Jika iSO tidak sesuai maka pemasanganpun tidak bisa dilakukan.

PPSSPP terbagi menjadi 2 golongan: PPSSPP GOLD dan PPSSPP Biasa. Keduanya tersedia di Playstore namun yang gold berbayar, jika kalian ingin mendapat kan secara gratis banyak bertebaran di Google. Jika kalian telah mendownload PPSSPP itu hanya sebuah emulator di dalamnya tidak terdapat game. Game tersebut di download secara terpisah. 

Berikut liputan6.com telah rangkum cara download game PPSSPP yang mudah dan gratis.

2 dari 4 halaman

Perhatikan perangkat computer atau android yang kamu miliki

Memang kamu hanya butuh komputer atau smartphone dan internet untuk mendapatkan game PSP gratis. Namun, untuk mendownload melalui android kamu harus memilki sistem operasi yang minimalnya ginger bread dan lebih bagus lebih baik.

Ukuran RAM maksimal 512mb, bahkan untuk RAM dibawahnya 290 pun sudah bisa. Tapi jika kamu memaksakan maka kualitas game dan Lagg akan sering kamu temui. Disarankan kamu memasang Game PPSSPP yang memilki RAM diatasnya saja dan processor mempunyai kecepatan sebesar 1Ghz.

3 dari 4 halaman

Cara download game PPSSPP

1. Cara download game PPSSPP yang pertama adalah carilah link atau situs yang menyediakan  game PPSSPP seperti www.pspshare.org atau situs lainnya yang menyediakan layanan game PPSSPP seperti  coolrom.com.

2. Cara download game PPSSPP yang kedua adalah tuliskan judul game yang ingin kamu mainkan di ROM Search, contoh Harvest Moon boy & girl. Klik tanda pencarian.

3. Cara download game PPSSPP yang ketiga adalah kamu akan diberikan beberapa game dengan keyword pencarian yang sejenis, pilih judul yang paling netral seperti gambar di bawah.

4. Cara download game PPSSPP keempat adalah kamu akan masuk ke halaman deskripsi game, kamu dapat melihat gambar preview dan ukuran data game.

5. Cara download game PPSSPP yang kelima adalah geser layar ke bawah hingga kamu menemukan tulisan Download Now seperti gambar di bawah. Lalu klik Download Now. Mungkin kamu akan diberikan opsi unduh dari smartphone kamu, klik unduh atau download.

6. Cara download game PPSSPP yang keenam adalah file yang kamu unduh akan berbentuk zip atau 7z, kamu harus membukanya untuk mendapat file iSO di dalamnya. Caranya dengan menggunakan aplikasi RAR yang dapat kamu unduh di bawah ini.

7. Cara download game PPSSPP yang ketujuh adalah setelah file zip atau 7z kamu tebuka, masuk ke aplikasi PPSSPP lalu buka folder kamu yang berisi file game dengan format iSO.

8. Cara download game PPSSPP yang delapan adalah jika game kamu terasa lemot atau patah-patah, coba untuk masuk ke Setting lalu ke bagian Graphics. Sesuaikan setting performance sesuai dengan gambar di bawah. Catatan: turunkan Rendering Resolution dan Display Resolution ke 1x PSP jika masih mengalami lag.

9. Cara download game PPSSPP yang kesembilan adalah setelah menyesuaikan performa grafis, geser layar ke bawah hingga kamu menemukan Overlay Information. Sesuaikan Show FPS counter ke FPS agar kamu bisa melihat berapa fps yang kamu dapat saat bermain game. Turunkan konfigurasi grafis jika fps yang kamu dapat kurang dari 30 fps.

10. Cara download game PPSSPP yang terakhir adalah Nah, kamu sudah bisa menikmati game PPSSPP dengan baik.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi game PPSSPP terbaik 2019

1. God Of War: Ghost of Sparta

2. Metal Gear Solid: Peace Walker

3. Crisis Core: Final Fantasy VII

4. Grand Theft Auto: Vice City Stories

5. Kingdom Hearts: Birth by Sleep

6. Naruto Shippuden: Kizuna Drive

7. Tomb Raider: Anniversary

8. Tomb Raider: Legend

9. Tekken

10. Prince Of Persia Revelations

11. Hellboy

12. Harvest Moon: Hero Of Leaf Valley

13. The Sims

14. Dante’s Inferno

15. Monster Hunter Freedom Unit

16. The God Father: Mob Wars

17. Assassin’s Creed: Bloodlines

18. PES 2018

19. Gran Turismo

20. The Warriors

21. Manhunt 2

22. Grand Theft Auto: Liberty City Series

23. Need for Speed

24. Dragon Ball

25. Yu – Gi – Oh!

26. Shin Megami Tensei Persona 3

27. 3rdBirthday

28. Sword Art Online (SAO) Infinity Moment

29. Burnout: Legends

30. Castlevania: Dracula X Chronicles

31. Daxter

32. Digimon World Re Dijitize

33. Persona 3 Portable

34. Spider Man 3

35. Crash of The Titans

36. Fate/ Unlimited Codes

37. Soulcalibur: Broken Destiny