Cara Cek Kuota Internet M3, Tak Perlu Keluar Pulsa

Liputan6.com, Jakarta Indosat Ooredoo merupakan salah satu provider telekomunikasi terbesar di Indonesia. Salah satu produk dari Indosat Ooredoo adalah IM3 Ooredoo atau biasa juga dikenal sebagai M3. IM3 sendiri adalah sebuah layanan seluler prabayar dengan kemampuan isi ulang yang didirikan pada 2001 silam.

Dengan adanya IM3 Ooredoo, maka Indosat menjadi operator pertama yang mendukung GPRS, MMS, video streaming hingga java games di seluruh Indonesia. IM3 Ooredoo tersedia dengan layanan broadband, layanan paket data dengan kecepatan tinggi hingga 2 mbps dan paket-paket lainnya.

Kini, IM3 Ooredoo telah merambah jaringan 4G plus guna memberikan kepuasan maksimal untuk pelanggannya. Saat ini hampir semua orang membutuhkan kuota internet untuk aktivitas berselancar di dunia maya. IM3 Ooredoo merupakan salah satu provider seluler yang kerap mengeluarkan paket kuota internet murah bagi pelanggannya.

Mengecek kuota internet merupakan suatu kegiatan yang umum dilakukan. Mengecek kuota internet secara berkala akan menghindari Anda dari penggunaan internet berlebihan yang dapat menyedot pulsa utama Anda.

Bagi Anda para pengguna M3 untuk internetan, penting untuk Anda mengetahui cara cek kuota internet M3. Ada tiga cara cek kuota internet M3 yang dapat dilakukan. Berikut tiga cara cek kuota internet M3 yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Kamis (28/2/2019).

2 dari 5 halaman

Cara Cek Kuota Internet M3 Lewat Dial Up

(sumber: istockphoto)

Cara cek kuota internet M3 yang pertama adalah dengan menekan dial up pada menu panggilan. Cara ini gratis dan tidak akan menyedot pulsa Anda karena Anda hanya cukup menekan nomor *363# atau *123#.

Cara cek kuota internet M3 dengan dial up *123# adalah Anda cukup menekan *123# pada menu panggilan dan tekan call atau ok. Setelah itu akan muncul beberapa opsi layanan.

Urutan dari opsi-opsi pada dial up ini sering berubah. Pastikan Anda memilih opsi ‘INFO’ lalu pilih ‘cek kuota’ tunggu beberapa saat dan kemudian Anda akan mendapatkan SMS berupa rincian kuota internet Anda.

Hal yang sama juga didapatkan jika Adda menekan *363# pada menu panggilan Anda. Cari opsi ‘internet dan lainnya’ setelah Anda menekan *363#, pilih opsi ‘status&kuota’ lalu pilih ‘info kuota’ Anda juga bisa sekaligus memeriksa masa aktif kartu menggunakan cara ini.

3 dari 5 halaman

Cara Cek Kuota Internet M3 Lewat SMS

(sumber: istockphoto)

Cara selanjutnya untuk memeriksa kuota M3 adalah dengan melalui SMS. Cara cek kuota internet M3 ini juga gratis meskipun lewat SMS.

Cukup ketik USAGE lalu kirim ke 363. Maka akan muncul informasi lengkap jenis paket yang Anda gunakan serta rincian sisa kuota yang Anda miliki.

Cara ini merupakan cara paling mudah yang bisa Anda coba di rumah. Namun, sayangnya Anda tidak bisa memeriksa masa aktif kartu Anda menggunakan cara ini.

4 dari 5 halaman

Cara Cek Kuota Internet M3 lewat Aplikasi MyIM3

Cek Kuota Internet M3 lewat Aplikasi MyIM3

Cara ini terbilang baru dan lebih modern dari cara dial up ataupun SMS. Untuk cara cek kuota Indosat lewat Aplikasi MyIM3, Anda perlu menginstal aplikasinya terlebih dahulu di Play Store. Setelah selesai menginstal, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buka aplikasi tersebut lalu pilih bahasa.

Terdapat dua pilihan bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.Selanjutnya, Anda akan dimintai izin untuk akses penggunaan VPN, maka Anda tekan tombol ‘mengerti’.

Lalu akan muncul opsi Data Saving Mode dan Anda tekan Continue lalu Ok. Kemudian, ketika diminta untuk mengakses lokasi, tekan ‘mengerti’ dan ‘izinkan’.

Begitu juga dengan akses telepon dan sms. Baru setelah itu Anda bisa login nomor hp Anda beserta kode verifikasi yang akan dikirim ke nomor Anda.

Lalu akan muncul tampilan beranda Aplikasi MyIM3 lengkap dengan fitur untuk mengecek kuota Anda. Bahkan, dengan aplikasi ini Anda juga bisa mengetahui masa aktif kartu, bisa isi pulsa, membeli paket lain, memeriksa informasi tagihan, dan menemukan lokasi Outlet Indosat.

Anda harus memastikan memiliki sambungan internet karena aplikasi MyIM3 tidak akan bisa berjalan tanpa sambungan internet.

5 dari 5 halaman

Indosat Ooredoo Uji Coba 5G

Indosat Ooredoo tengah melakukan persiapan hadirinya jaringan 5G, termasuk dengan menggelar uji coba 5G melalui pengalaman 3D Augmented Reality (AR).

Rencana Group Ooredoo dalam mengimplementasikan teknologi 5G pertama secara komersial di dunia, disebut juga menjadi arah dari strategi Indosat Ooredoo dalam mengembangan jaringannya ke depan.

Director & Chief Innovation Officer Indosat Ooredoo, Arief Musta’in, mengatakan uji coba 5G ini sekaligus merupakan bentuk respons perusahaan terhadap perkembangan teknologi.

Mengenai uji coba 5G ini, Indosat Ooredoo merupakan yang pertama di Indonesia melakukan demo 3D AR Collaboration yang diklaim bisa memberikan interaktif dan kolaboratif dalam berkomunikasi ke level yang lebih tinggi.

Secara umum, aplikasi kolaborasi 3D AR ini antara lain bisa digunakan di bidang edukasi dan customer service, untuk menghasilkan komunikasi visual yang lebih berkualitas dan efisien.

Pengalaman AR diklaim akan lebih baik dilakukan dengan jaringan 5G, karena dari lebih cepat dan memiliki delay yang rendah (low latency). Selain itu, resolusi layar untuk konten AR biasanya di atas 4K, sehingga jauh lebih baik menggunakan 5G. Latency 5G mencapai 1 millisecond.

Rangkaian uji coba dan pameran teknologi 5G ini berlangsung pada 22-23 November 2018 di kantor pusat Indosat Ooredoo. Indosat Ooreoo menggandeng telekomunikasi dan jaringan Ericsson untuk menggelar uji coba ini.