BMW Gandeng Tencent Buka Pusat Komputasi di Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta – Perusahaan otomotif Jerman BMW dan perusahaan teknologi Tiongkok Tencent menjalin kemitraan untuk meluncurkan pusat komputasi di Tiongkok. Hal ini merupakan salah satu upaya guna mengembangkan mobil otonomos di pasar Tiongkok.

Diperkirakan pusat komputasi ini akan mulai beroperasi akhir 2019 ini dan merupakan tindak lanjut atas pembukaan fasilitas serupa di Munich, Jerman pada awal tahun ini.

Fitur yang tersedia di fasilitas ini meliputi pengolahan data yang disuplai dari Tencent, yang memungkinkan mobil untuk melaju secara semiotonomos dan kemudian secara otonomos.

“[Pusat komputasi ini] akan mendukung pengembangan dan inovasi mobil otonomos BMW di Tiongkok,” tutur Jochen Goller, kepala operasi BMW di Tiongkok dalam sebuah pernyataan, sebagaimana diutip dari Reuters, Minggu (21/7/2019).

Oleh sebab itu, lanjut Jochen, “BMW dapat mengembangkan solusi mengemudi otonomos yang lebih sesuai dengan kondisi berkendara spesifik di Tiongkok”.

2 dari 2 halaman

BMW Akan Rilis Mobil Semiotonomos di Tiongkok pada 2021

Meski tidak disebutkan di mana fasilitas itu akan berlokasi, sumber yang mengetahui kemitraan ini mengatakan pusat komputasi itu akan dibangun di kota timur kota Tianjin.

Dikatakan bahwa BMW kemungkinan akan memperkenalkan mobil semiotonomos di Tiongkok pada 2021. Guna mewujudkan hal ini, BMW memerlukan daya komputasi besar-besaran untuk menganalisis alur informasi digital secara real-time mengenai kondisi jalan dan lalu lintas di Tiongkok.

Perlu diketahui, mobil otonomos memerlukan kemampuan pengolahan data yang canggih karena bertumpu pada kecerdasan buatan guna membantu “belajar” dari pengalaman dan pada akhirnya bisa melaju sendiri tanpa campur tangan manusia.

BMW mengatakan fasilitas itu akan memanfaatkan layanan komputasi awan dan big data milik Tencent dan menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan pengembangan mobil otonomos.

(Why/Ysl)