Asisten Virtual Sering Disalahgunakan Para Jomblo

Google dilaporkan terus meningkatkan kemampuan asisten virtualnya, yakni Google Assistant. Terbaru, layanan tersebut dibekali dengan kemampuan banyak bahasa dalam percakapan.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (4/9/2018), pengguna kini dapat langsung berbicara dengan Google Assistant dalam beberapa bahasa saat melakukan sebuah percakapan.

Maksudnya, asisten virtual ini dapat mengenali bahasa berbeda yang diucapkan pengguna, tanpa perlu melakukan pengaturan bahasa lebih dulu. Jadi, proses percakapan bisa berjalan lebih mulus. 

Untuk sekarang, kemampuan ini baru mendukung bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Spanyol, Italia, dan Jepang. Google menuturkan dukungan untuk lebih banyak bahasa akan digulirkan dalam beberapa bulan mendatang.

Dalam demo yang ditampilkan, kemampuan dwi-bahasa ini memang terbilang baik. Google Assistant dapat merespon pertanyaan yang diajukan dengan bahasa berbeda tanpa kendala berarti. 

Akan tetapi, kemampuan ini belum mendukung penggunaan dua bahasa sekaligus dalam satu pertanyaan. Terlepas dari hal itu, Google Assistant menjadi lebih alami.

Google menyebut kemampuan ini akan tersedia untuk speaker pintar dan smartphone. Dukungan Google Assistant dilaporkan juga akan digulirkan ke headphone, seperti JBL Everest GA, LG Tone Platinum, dan Earin M-2.

Sebelumnya, Google juga sudah menghadirkan dukungan bahasa Indonesia untuk asisten virtual ini. Karenanya, pengguna smartphone di Tanah Air dapat langsung berbicara seperti biasa dengan Google Assistant.