7 Trik Foto dengan Ponsel Agar Terlihat Eye Catching, Simpel tapi Hasil Maksimal

Liputan6.com, Jakarta Mengabadikan gambar atau foto dari setiap momen memang selalu menyenangkan. Namun bagaimana agar dapat menghasilkan foto agar memiliki pesan yang bisa disampaikan bagi yang melihatnya? Ada beberapa teknik pengambilan foto yang perlu kamu pahami untuk menghasilkan foto yang eye catching. Nggak harus pakai kamera DSLR, tapi cukup dengan kamera ponsel. 

Kini banyak ponsel yang dilengkapi dengan kualitas kamera yang mumpuni. Namun, jika tidak mengetahui trik-trik khusus menggunakan kamera ponsel, hasilnya juga nggak bisa maksimal. Nah, kali ini Liputan6.com Jumat (1/2/2019) merangkum dari berbagai sumber teknik yang bisa kamu terapkan, agar nanti koleksi foto yang kamu upload di feed Instagram dapat menarik banyak pengguna lainnya.  

2 dari 4 halaman

Bersihkan lensa kamera dan atura pencahayaan.

Ilustrasi smartphone. (Sumber Foto: Pexels)

1. Bersihkan Lensa Kamera

Pertama-tama, hal yang perlu kamu perhatikan adalah lensa pada kamera. Tanpa disadari, kamera handphonemu bisa saja kotor saat diletakkan di kantong baju, celana, tas, atau meja. Karena kebersihan dari kamera handphone kamu mempengaruhi hasil kualitas foto.

2. Temukan Cahaya di Sekitar

Foto tanpa cahaya tidak akan memberikan pesan pada hasilnya. Menggunakan cahaya alami atau cahaya dari matahari dapat menghasilkan foto yang ajaib. Ini merupakan dasar fotografi yang harus kamu pahami.

Arah datangnya cahaya dapat menentukan karakter objek foto kamu. Kamu bisa memanfaatkan datangnya arah cahaya dari belakang untuk menghasilkan foto siluet. Cahaya depan untuk membuat detail objek menjadi makin jelas.

Cahaya samping untuk menguatkan tekstur objek, atau cahaya atas-bawah untuk menguatkan karakter objek vertikal.

3 dari 4 halaman

Fokus, stabil dan temukan bentuk

3. Fokus dan Stabil

Untuk menghasilkan gambar yang tajam, kamu perlu memperhatikan bahwa objek foto berada dalam keadaan fokus. Hal ini harus dilakukan agar objek tidak menjadi blur.

Kamera yang stabil juga akan menentukan hasil foto kamu. Untuk mengatasi agar kamera handphone kamu tidak bergerak, kamu bisa memegang kamera dengan kedua tangan atau bisa juga menggunakan tripod khusus handphone.

4. Menemukan Beberapa Bentuk

Secara nggak langsung, bentuk-bentuk seperti kotak, garis lurus atau beberapa pattern bisa menggiring mata kamu ke objek foto. Jika kamu menggunakan teknik pengambilan foto seperti ini, maka hasil foto akan menjadi lebih menarik.

4 dari 4 halaman

Perhatikan komposisi, bayangan dan terakhir edit minimalis.

5. Komposisi

Pada teknik fotografi, kamu harus memahami rule of third, yakni garis bantu yang membagi foto ke dalam Sembilan bidang, dengan proporsi objek utama sebesar satu pertiga.

Untuk memperoleh foto yang eye catching, kamu hanya perlu meletakkan objek pada salah satu garis imajiner, sebelah kiri atau kanan.

6. Bayangan

Kamu juga bisa membuat hasil foto yang eye catching dengan memainkan bayangan. Panjang bayangan ditentukan oleh kemiringan sumber cahaya. Keberadaan bayangan dapat membuat objek menjadi lebih besar, lebih kecil, lebih pendek, atau lebih panjang.

Dengan adanya pencahayaan yang cukup, beberapa objek dengan detail berongga dapat menghasilkan bayangan yang lebih indah daripada bentuk asli dari objek.

7. Edit Minimalis

Untuk menghasilkan emosional pada foto yang kamu ambil tadi, kamu bisa sedikit mengedit foto dengan beberapa filter. Kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto yang sangat sederhana seperti VSCO Cam, Snapseed, atau Adobe Photoshop Lightroom.