5 Trik Rahasia WhatsApp Terbaru yang Belum Banyak Diketahui

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp merupakan aplikasi pesan favorit saat ini. Hampir semua pengguna ponsel pintar memiliki aplikasi WhatsApp di dalamnya.

WhatsApp memang mudah digunakan oleh semua kalangan. Selain itu WhatsApp tak memiliki berbagai macam iklan di dalamnya yang membuat penggunanya semakin nyaman saat memakainya untuk bertukar pesan.

Awalnya, WhatsApp dibuat untuk pengguna iPhone, kemudian seiring dengan perkembangannya, aplikasi WhatsApp tersedia juga untuk versi BlackBerry, Android, Windows Phone, dan Symbian. Sejak rilis perdananya 2009 silam WhatsApp terus mengembangkan fitur-fiturnya.

Fitur-fitur ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan para penggunanya. Saat ini telah banyak fitur-fitur WhatsApp yang dapat kamu nikmati seperti voice call, video call, mengirim stiker, dan masih banyak lagi.

Namun mungkin ada beberapa fitur yang tidak disadari para pengguna WhatsApp yang sebenarnya dapat mempermudah penggunaan WhatsApp itu sendiri.

Fitur-fitur ini sebenarnya dapat menjadi trik tersendiri untuk memperoleh keefisienan kamu dalam menggunakan WhatsApp. Trik-trik ini mungkin belum kamu sadari sepenuhnya di WhatsApp.

Berikut 5 trik rahasia yang belum banyak diketahui para pengguna setia WhatsApp yang sebenarnya bisa membuat penggunaan WhatsApp lebih efisien, simak ulasan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat (1/2/2019)

2 dari 6 halaman

Mengetahui siapa yang paling sering terhubung

Siapa sebenarnya orang yang paling sering kamu hubungi? Ada cara untuk mengetahui orang-orang yang paling sering kamu kirimi pesan dan berapa banyak penyimpanan yang digunakan setiap kamu terhubung dengan orang tersebut. Berikut caranya:

Buka aplikasi WhatsApp pilih Pengaturan > Penggunaan Data dan Penyimpanan > Penggunaan Penyimpanan

Pada tampilan tersebut kamu dapat melihat kontak atau grup yang paling banyak menghabiskan penyimpananmu.

Ketika kamu klik satu kontak, secara spesifik akan terlihat informasi berapa jumlah pesan teks, foto,video, suara dan media lainnya yang kamu kirimkan.

Di sini kamu juga dapat menghapus pesan atau media pada kontak tersebut dengan memilih opsi kelola pesan yang terdapat pada pojok kanan bawah. Kamu dapat memilih media apa yang akan kamu hapus.

3 dari 6 halaman

Menyembunyikan chat tanpa harus menghapusnya

Mengarsipkan Obrolan memungkinkan kamu menyembunyikan sebuah percakapan dari layar obrolanmu tanpa harus menghapus obrolan.

Mengarsipkan obrolan hanya memungkinkanmu untuk menghapusnya dari layar obrolan utama WhatsAppmu tanpa harus kehilangan obrolan tersebut.

Kamu dapat mengarsipkan grup atau obrolan pribadi, dan obrolan itu akan menghilang dari tampilan ruang obrolanmu. Berikut langkah-langkahnya:

Mengarsipkan chat

– Di layar Chatting, tekan agak lama (long tap) pada chat yang ingin kamu arsipkan.

– Kemudian di bar atas, pilih ikon Arsipkan.

– Setelah itu, chat tersebut pun akan diarsipkan dan tidak akan dimunculkan di layar Chatting

Membuka chat yang telah diarsipkan

– Geser ke bagian bawah layar Chatting.

– Ketuk pada Chat yang diarsipkan.

– Tekan agak lama pada percakapan yang ingin dibuka dari arsip.

– Di bar atas, pilih ikon Buka arsip.

Mengarsipkan semua chat

– Ketuk pada Tombol Menu di layar Chatting untuk mengakses Setelan.

– Ketuk pada Chatting > Riwayat chatting > Arsipkan semua chat.

4 dari 6 halaman

Baca semua pesan sekaligus tanpa harus membukanya

Mungkin kamu tergabung dalam banyak grup WhatsApp yang akan mebuat pemberitahuan WhatsAppmu menumpuk dan sedikit mengganggu.

Kamu dapat membaca semua pesan sekaligus menggunakan tanpa harus membaca satu persatu pesan yang ada.

Caranya Pilih tekan agak lama chat yang ingin anda baca sekaligus, pilih beberapa chat, tap ikon 3 titik pada pojok kanan atas, lalu pilih opsi “tandai telah dibaca” atau “mark as read”

Setelah itu semua chat yang kamu pilih tadi otomatis telah terbaca dan tidak memenuhi notifikasimu lagi.

5 dari 6 halaman

Mengaktifkan two-step verification

Two-step Verification merupakan fitur keamanan tamabahan yang disediakan oleh pihak WhatsApp.

Fitur ini akan membuat akun WhatsApp kamu semakin aman karena setiap kali kamu mengakses akun WhatsAppmu dengan ponsel baru makan WhatsApp akan meminta pin tambahan sebagai langkah keamanan.

Dengan begitu nomor WhatsAppmu tidak mudah disalahgunakan oleh orang lain.

Untuk mengaktifkan fitur ini kamu cukup menuju ke pengaturan WhatsApp lalu pilih akun dan pilih opsi verivikasi dua arah, setelah itu kamu akan diminta untuk membuat 6 digit pin dan memasukkan alamat emailmu.

Tak perlu cemas jika kamu lupa 6 digit pinmu, kamu dapat mengaksesnya lagi melalui alamat email yang sudah kamu masukkan.

6 dari 6 halaman

Menaruh sebuah chat di Homescreen

WhatsApp juga memungkinkan kamu menaruh sebuah chat ke layar homscreenmu sehingga kamu tak perlu lagi repot mencari chat penting di WhatsAppmu.

Untuk menambahkan chat ke layar homescreen ponselmu, buka kontak atau grup yang ingin kamu taruh di homescreen, lalu ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas.

Dari sini, pilih menu Lainnya lalu pilih opsi Tambahkan pintasan. Pintasan chat sudah tersedia di homescreen ponselmu.