5 Tahun Berjalan, The NextDev Telkomsel Punya 4.900 Startup Binaan

Liputan6.com, Jakarta – Selama lima tahun perjalanannya sejak 2015, Telkomsel melalui program akselerasi startup The NextDev telah membina sekitar 4.900 startup digital Indonesia.

Manager CSR Education and Public Community Development Departmen Telkomsel Steve Saerang mengatakan, The NextDev Telkomsel memang menjadi salah satu inkubasi startup yang jadi incaran banyak startup Tanah Air untuk meningkatkan growth perusahaannya.

Startup yang dibina oleh The NextDev pun bukan sembarang startup. Pasalnya, Telkomsel mencari startup yang memang berupaya membawa dampak sosial bagi lingkungan di sekitarnya sekaligus bagi Indonesia.

“Startup yang diseleksi di NextDev harus memiliki social impact, jadi mereka yang terpilih adalah social technopreneurship,” kata Steve di Jakarta, Senin (7/10/2019).

Steve mengatakan, The NextDev telah diikuti oleh 4.900 startup lokal.

“Dalam 5 tahun, ada 4.900 startup, dari jumlah tersebut, 78 startup bahkan sudah menjadi bagian dari solusi digital Telkomsel,” kata Steve.

Sementara itu, ribuan startup lain lulusan The NextDev tetap mendapatkan pembinaan dan bantuan dari Telkomsel.

Ia mengatakan, butuh waktu untuk Telkomsel meraih pencapaian di atas. Sebagai sebuah program, seleksi The NextDev amatlah ketat. Apalagi, kini Telkomsel melalui The NextDev diklaim menjadi agregator startup terbesar di Indonesia dan terdepan dalam mengakselerasi digital.

“Karena startup itu tidak hanya butuh uang, tetapi juga pengetahuan,” kata Steve.

2 dari 2 halaman

The NextDev Summit 2019

Sebagai bentuk komitmen membentuk startup agregator terbesar di Indonesia melalui The NextDev, Telkomsel berencana menggelar The NextDev Summit 2019 pada 7 Desember mendatang.

Dalam ajang ini,sekitar 4.000 startup dan talenta digital berkesempatan untuk mendapatkan berbagai pengetahuan dari 100 speakers ahli di bidangnya. Pelaku startup binaan The Next Dev juga akan berkesempatan bertatap muka dengan investor untuk mendapatkan pendanaan.

Bahkan program yang digagas pemerintah, 1000 startup juga akan menjadi bagian dari acara ini. “The NextDev Summit ini kami harapkan bisa menghubungkan berbagai pihak,” katanya.

“Pada 2021, kami berharap The NextDev bisa dikenal tidak hanya dikenal sebagai agregator startup Indonesia tetapi juga global,” kata Steve.

Telkomsel menyebut, mereka juga mengajak mitra global, salah satunya Singtel. “Untuk memberi kesempatan bagi startup agar bisa piloting dan memiliki layanan di sana,” ucap Steve.

(Tin/Why)