5 Gim yang Bisa Tingkatkan Konsentrasi

Liputan6.com, Jakarta – Konsentrasi akan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Tidak hanya itu, ada beberapa faktor yang menyebabkan kita lupa atau kehilangan konsentrasi di saat-saat tertentu.

Beberapa faktor tersebut seperti terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh, jarang olahraga, kebiasaan merokok, kurang tidur, serta depresi dan stres.

Beberapa faktor tersebut jika diubah menjadi lebih baik, akan meningkatkan konsentrasi. Tetapi, tahukah kalian bahwa ada beberapa gim yang bisa menajamkan ingatan?

Mengutip laman Guardian, Senin (8/7/2019), berikut lima gim seru yang bisa meningkatkan konsentrasi. 

1. Peak

Aplikasi Peak bisa didapatkan secara gratis melalui toko aplikasi Android maupun iOS. Peak adalah aplikasi pelatihan otak paling diminati oleh banyak orang.

Koleksi mini-game ini dibuat dengan mencakup subyek seperti, bahasa, memori, ketangkasan mental, dan perhatian bagi yang memainkannya.

Secara total, ada lebih dari 30 permainan yang dapat dimainkan dalam gim ini. Kamu bisa menghentikan permainan sejenak, bila dirasa sudah cukup bermain.

Jika ingin berlangganan aplikasi Peak, cukup membayar USD 3.99 atau Rp 56.000 per bulannya.

2 dari 5 halaman

2. Elevate

Elevate. Dok: guardian.co.uk

Selanjutnya adalah aplikasi Elevate. Ini adalah aplikasi yang memiliki visual yang sama jernihnya dengan aplikasi Peak. Mini-game sederhana ini bisa diunduh melalui Play Store dan App Store secara gratis.

Terdapat 30 lebih permainan yang bisa menguji kecerdasan kamu. Permainan tersebut menguji, memori, fokus, berhitung, pemahaman, dan keterampilan mental lainnya.

Semakin mahir kamu memainkannya, maka kian tinggi tingkat kesulitannya. Kamu bisa berlangganan, dengan membayar USD 5.99 atau sebesar Rp 84.000.

3 dari 5 halaman

3. Lumosity

Lumosity. Dok: guardian.co.uk

Sama seperti aplikasi lainnya, Lumosity menggunakan banyak fitur untuk meningkatkan pemain dalam gim ini.

Perbedaannya adalah Lumosity menggabungkan permainan dengan program harian, yang memungkinkan kamu mencatat peningkatan dari waktu ke waktu saat bermain.

Hanya dengan USD 8.99 atau sebesar Rp 126.000, kamu sudah bisa membuka lebih banyak gim dan fitur. Tidak hanya di smartphone, gim ini juga bisa dimainkan melalui web dari komputer.

4 dari 5 halaman

4. Fit Brains Trainer

Fit Brains Trainer. Dok: guardian.co.uk

Aplikasi Fit Brains Trainer memiliki lebih dari 35 permainan, dikelompokkan ke dalam sesi latihan yang berbeda tiap tingkatannya. Di sini, kamu bisa menguji memori, meningkatkan konsentrasi, bahasa, atau keterampilan lainnya.

Menariknya, gim ini dibuat berdasarkan pada “kecerdasan emosional” atau EQ. Permainan ini juga dapat dimainkan melalui web.

Untuk membuka semua fitur pada permainan ini, cukup membayar USD 7,99 atau Rp 112.000 per bulannya.

5 dari 5 halaman

5. Cognito

Cognito. Dok: guardian.co.uk

Permainan terakhir yang disarankan adalah Cognito. Dari empat aplikasi di atas, gim ini mempunyai strategi permainan, semacam agen rahasia yang mempunyai misi mata-mata global. Tetapi tidak mengurangi sisi kecerdasannya.

Permainan ini mengajarkan bagaimana olahraga dapat mempengaruhi ketangkasan mental. Hanya membayar USD 5,99 atau Rp 84.000 per bulan, kamu bebas bermain dengan beragam fitur dalam gim ini.

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

(Linda Fahira Putri/Isk)