5 Fitur WhatsApp ini Jarang Dimanfaatkan Padahal Bisa Permudah Berkirim Pesan

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp telah menjadi aplikasi berkirim pesan favorit diseluruh dunia. Statistik WhatsApp terakhir yang dilaporkan secara resmi mencatat aplikasi ini telah memiliki 1,5 miliar pengguna bulanan di lebih dari 180 negara.

Kemudahan yang ditawarkan oleh WhatsApp membuat aplikasi ini begitu banyak digunakan. Saat ini telah banyak fitur-fitur WhatsApp yang dapat kamu nikmati seperti voice call, video call, mengirim stiker, dan masih banyak lagi.

Namun ada beberapa fitur yang tidak disadari para pengguna WhatsApp yang sebenarnya dapat mempermudah penggunaan WhatsApp itu sendiri. Fitur-fitur ini jarang dimanfaatkan oleh penggunanya bahkan ada yang tidak mengetahui bahwa WhatsApp memiliki fitur ini.

Berikut 5 fitur WhatsApp yang jarang dimanfaatkan penggunanya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(20/2/2019).

2 dari 4 halaman

Fitur-fitur yang jarang digunakan

1. Starred Message

Starred Message atau pesan berbintang adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menyimpan atau menandai chat yang terpilih.

Fitur ini sangat berguna untuk menandai informasi-informasi penting. Caranya, tekan agak lama pada sebuah pesan hingga muncul sebuah kotak dialog.

Setelah itu pilih tanda bintang pada kotak dialog tersebut. Untuk melihat pesan yang telah Anda bintangi, tap pada ikon 3 titik vertikal di pojok kanan atas, kemudian pilih Starred messages.

2. Pinned Chat

Fitur ini dirilis pada 2017 silam. Pinned Chat memungkinkan Anda untuk mengatur chat baik itu chat perorangan maupun grup untuk tetap berada diatas tampilan chat WhatsApp Anda. Dengan begitu Anda tak perlu repot scrolling ke bawah mencari kontak atau grup penting Anda.

Cara menggunakan fitur ini adalah dengan menekan agak lama pada sebuah chat lalu akan muncul kotak dialog kemudian pilih ikon pin. Setelah itu chat yang Anda pilih akan terus berada diposisi teratas pada Aplikasi WhatsApp Anda.

Anda dapat melepaskan pin dengan cara menekan agak lama chat tersebut dan pilih opsi unpin.

3. Arsipkan Chat

Fitur pengarsipan chat memungkinkan Anda untuk menyimpan sebuah Chat. Selain itu Fitur Arsip Chat memungkinkan Anda untuk menyembunyikan percakapan dari layar Chat Anda, dan mengaksesnya lagi saat diperlukan. Anda dapat mengarsipkan percakapan grup maupun individual untuk mengorganisir layar percakapan Anda.

Berikur cara mengarsipkan chat WhatsApp:

· Di layar Chatting, tekan agak lama (long tap) pada chat yang ingin Anda arsipkan.

· Kemudian di bar atas, pilih ikon Arsipkan.

· Setelah itu, chat tersebut akan diarsipkan dan tidak akan dimunculkan di layar Chatting.

Percakapan yang diarsipkan akan dibuka dari arsip jika Anda menerima pesan baru di percakapan tersebut. Anda juga dapat secara manual membuka arsip percakapan dengan mencari nama kontak atau mengirim pesan ke kontak tersebut.

3 dari 4 halaman

Fitur canggih yang memudahkan

4. Lokasi Terkini

Fitur Lokasi Terkini memungkinkan Anda untuk membagikan lokasi real-time Anda dalam jangka waktu tertentu melalui chat pribadi maupun grup. Anda dapat mengatur berapa lama Anda ingin membagikan lokasi terkini Anda.

Anda juga dapat berhenti membagikan lokasi terkini Anda kapan saja. Setelah dihentikan atau berakhir waktunya, lokasi terkini Anda tidak akan lagi dibagikan.

Fitur ini telah terenkripsi secara end-to-end, yang berarti tidak ada seorang pun dapat melihat lokasi terkini Anda kecuali orang-orang yang Anda bagikan lokasi terkini Anda tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur ini Anda perlu melakukan beberapa langkah ini :

· Buka chat atau grup yang ingin Anda bagikan lokasi terkini Anda

· Tap pada ikon attach lalu pilih opsi lokasi kemudian pilih ‘berbagi lokasi terkini’

· Tentukan jangka waktu yang Anda inginkan untuk membagi lokasi terkini Anda.

· Lalu kirim lokasi pada chat atau grup tersebut

5. Fitur Reply Privately

Fitur Reply Privately atau balas secara pribadi adalah fitur WhatsApp yang memungkinkan Anda untuk membalas secara pribadi pesan yang dikirim seseorang di sebuah grup.

Dengan fitur ini Anda dapat membalas pesan seseorang di sebuah grup namun balasan pesan Anda tidak terkirim ke grup tersebut melainkan langsung pada orang yang mengirim pesan ke grup tersebut.

Cara menggunakan fitur ini adalah dengan menekan agak lama pesan yang ingin dibalas.

Setelah itu tap menu tiga titik yang terdapat di pojok kanan atas, lalu pilih opsi ‘reply privately’ atau ‘balas pesan secara pribadi’.

4 dari 4 halaman

Fitur-fitur Unggulan WhatsApp Lainnya

Status WhatsApp (Sumber: Pixabay)

1. Berkirim pesan sederhana

Dengan WhatsApp Anda dapat mengirim pesan ke teman dan keluarga secara gratis. WhatsApp menggunakan koneksi internet telepon Anda untuk mengirim pesan sehingga Anda tak perlu memikirkan tarif SMS.

2. Chat grup

Dengan chat grup, Anda dapat membagikan pesan, foto, dan video kepada 256 orang sekaligus didalam grup.

3. Panggilan suara dan video

Dengan panggilan suara dan Video, Anda dapat berbicara dengan teman dan keluarga secara gratis, bahkan jika mereka berada di negara lain.

4. Whatsapp Web dan Desktop

Dengan WhatsApp di web dan desktop, Anda dapat dengan lancar menyinkronkan semua chat ke komputer Anda agar Anda dapat chat pada perangkat apa pun yang paling nyaman untuk Anda.

5. Enkripsi End-To-End

Sebagian momen pribadi Anda dibagikan di WhatsApp, oleh karena itu WhatsApp membangun enkripsi end-to-end ke versi terbaru aplikasinya.

Ketika terenkripsi end-to-end, pesan dan panggilan Anda akan diamankan, jadi hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda saja yang dapat membaca pesan atau mendengar panggilan tersebut.

6. Membagikan dokumen dengan mudah

Anda dapat mengirim PDF, dokumen, spreadsheet, slideshow, dan masih banyak lagi hingga 100 MB tanpa repot menggunakan email atau aplikasi berbagi file.