4 Cara Cek Kuota Internet Simpati Tanpa Aplikasi dan Gratis

Liputan6.com, Jakarta Dengan semakin majunya teknologi, para penyedia layanan seluler di Tanah Air berlomba-lomba memenangkan hati calon pelanggannya. Hampir semua perusahaan yang bergerak dalam bidang operator seluler kini memanjakan pelanggannya dengan berbagai fasilitas paket telepon, SMS, maupun internet.

Ditambah lagi, inovasi aplikasi sosial media mulai menjamur. Maka, tak heran jika para penyedia layanan seluler menawarkan banyak pilihan paket internet yang menggiurkan.

Oleh karena itu, banyak pula yang mulai memperluas jangkauan jaringan dengan merambah daerah-daerah terpencil. Namun, nampaknya permasalahan jangkauan jaringan tidak berlaku untuk penyedia layanan seluler bernama Telkomsel.

2 dari 5 halaman

Jangkauan jaringan yang luas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jangkauan jaringan Telkomsel tidak pernah mengecewakan pelanggannya. Di daerah terpencil pun, di mana operator seluler lain menyumbang hanya dua atau satu garis sinyal, Telkomsel justru berjaya dengan garis sinyalnya yang penuh. Alhasil, banyak orang yang beralih menggunakan Telkomsel agar tetap bisa berkomunikasi di segala jenis tempat.

Berkat jangkauan jaringannya yang luas, layanan internet Telkomsel bahkan dinobatkan sebagai koneksi paling baik di Indonesia. Hal ini berdasarkan pengujian pada tools speed test nPerf di sepanjang tahun 2018.

Pengujian yang dilakukan meliputi tes kecepatan, tes streaming, dan tes browsing. Hasilnya Telkomsel menduduki posisi pertama sebagai operator seluler yang mampu menghadirkan kecepatan internet terbaik di Indonesia.

Selain itu, harga smartphone yang kian ramah kantong juga menjadi sumber terciptanya kemajuan di bidang telekomunikasi. Sehingga para penyedia layanan seluler turut berusaha untuk mengembangkan produk-produk mereka, agar bisa bersaing dengan perusahaan teknologi elektronik untung memajukan aspek finansial.

3 dari 5 halaman

Harga dan kualitas yang seimbang

Berbicara mengenai komunikasi online, operator Telkomsel khususnya Simpati menawarkan deretan paket kuota telepon, sms, internet, maupun gabungan dari ketiganya.

Meski terkenal cukup menguras kantong, namun kualitas yang ditawarkan sebanding dengan harganya. Paket kuota inilah yang menjadi senjata untuk teteap terhubung dengan keluarga dan kolega.

Namun, sebagian besar pengguna layanan seluler seringkali terlena dan lepas kontrol akan penggunaan paket kuota, sehingga tahu-tahu jumlah kuota sudah terpangkas banyak. Bahkan yang lebih parah, pulsa pun mungkin akan tersedot karena ternyata kuota paket sudah habis terpakai.

Kelalaian terjadi murni kesalahan pengguna karena penyedia operator seluler tidak ikut campur dalam penggunaan kuota, kecuali terjadi eror yang tidak disengaja. Untuk itu, memeriksa kuota secara berkala adalah langkah paling tepat dalam menjaga sisa kuota tetap aman, sehingga bisa menggunakannya dengan terstruktur, serta untuk mencegah kantong bocor.

Agar kuota internet selalu aman terkendali, Liputan6.com punya 4 cara cek kuota internet Simpati yang bisa digunakan untuk memeriksa sisa kuota secara berkala. Dengan 4 cara tersebut, Anda bisa selalu memonitor sisa dan penggunaan kuota internet dengan mudah, tanpa harus menyesal nantinya.

Berikut adalah 4 cara cek kuota internet Simpati tanpa aplikasi, yang khusus dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, bagi Anda pengguna Simpati di seluruh Indonesia, Kamis (28/2/2019).

4 dari 5 halaman

Cara Cek Kuota Internet Simpati lewat Dial USSD

Cek Kuota Internet Simpati lewat Dial USSD

Cara cek kuota internet Simpati bisa dilakukan dengan dial nomor. Cara yang pertama ini bisa dilakukan dengan dua alternatif. Pertama, Anda cukup dial *888# tunggu sebentar hingga muncul beberapa opsi. Pilih opsi nomor 5 yaitu Cek Pulsa & Kuota, dengan cara ketik angka 7 di keypad lalu tekan ‘send’. Setelah itu, Anda bisa memilih opsi Cek Kuota pada nomor 3 dengan cara yang sama.

Lalu akan muncul pilihan cek kuota paket, di situ tertulis Cek kuota internet ada di nomor 2. Untuk itu, ketik angka 2 di keypad untuk mengetahui sisa kuota internet Simpati yang Anda miliki. Kelebihan dari cara pertama ini adalah Anda tidak perlu khawatir pulsa akan berkurang, karena cara ini gratis.

Cek Kuota Internet Simpati lewat Dial USSD

Selanjutnya, cara cek kuota internet Simpati yang kedua berupa dial nomor adalah melalui dial *363#. Caranya seperti cara pertama. Pilih opsi nomor 7 yaitu Cek Kuota dengan cara ketik angka 7 di keypad.

Maka, Anda akan segera mendapat pesan teks yang berisi keterangan sisa kuota internet yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga akan mengetahui masa berlaku kuota Anda.

5 dari 5 halaman

Cara Cek Kuota Internet Simpati lewat SMS

Cek Kuota Internet Simpati lewat SMS

Selain cara cek kuota internet Simpati melalui dial nomor, Anda juga bisa mengetahui sisa kuota melalui SMS. Jangan khawatir, Anda tidak memerlukan pulsa untuk mengirim sms ini alias gratis.

Cukup ketik UL(spasi)INFO lalu kirim ke 363. Maka akan muncul informasi lengkap rincian sisa kuota yang Anda miliki beserta masa berlaku paket.

Cek Kuota Internet Simpati lewat SMS

Ada pula cara lain yang bisa Anda tempuh untuk mengetahui informasi kuota internet melalui SMS. Caranya dengan mengetik Flash(spasi)infov2 dan kirim ke 3636. Ini adalah layanan SMS tanpa tarif sehingga pulsa Anda tidak akan terpotong. Cara ini merupakan cara paling mudah yang bisa Anda coba di rumah.