4 Cara Buat Akun BBM yang Cepat dan Praktis, Lengkap dengan Fitur Barunya

Liputan6.com, Jakarta BlackBerry Messenger disingkat dengan BBM merupakan aplikasi pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer seperti fitur di aplikasi Google Maps atau Yahoo Messenger hingga aktivitas dengan Facebook atau Twitter. 

BlackBerry Messenger atau BBM merupakan salah satu keunggulan dari penggunaan perangkat BlackBerry selain layanan Push Mail. Layanan Messenger ini dibuat khusus bagi pemilik BlackBerry dan dirancang khusus untuk berkomunikasi di antara pengguna.

Cara menggunakan BlackBerry Messenger adalah dengan penghubung nomor PIN yang juga eksklusif dimiliki masing-masing perangkat BlackBerry.

Awalnya aplikasi pengirim pesan ini hanya tersedia bagi kamu yang memiliki ponsel Blackberry. Namun semakin banyaknya ponsel pintar yang ada dengan sistem operasi Android, maka BBM ini pun dapat diakses dengan smartphone Android. Aplikasi yang dirilis pada 13 Maret 2013 lalu ini selain dapat digunakan mengirim pesan dan juga telepon, BBM pun memiliki beberapa fitur pendukung lainnya.

Fitur pendukung yang dapat kamu temui dalam BBM ini antara lain berbagi lokasi menggunakan Google Maps, menampilkan status dari kontak yang kamu miliki dan beberapa lainnya. Berikut liputan6.com rangkum cara buat akun bbm yang mudah dan cepat, Rabu (27/2/2019).

2 dari 3 halaman

Cara buat akun BBM dengan nomor Hp yang mudah dan cepat

Cara ini merupakan salah satu cara buat akun BBM termudah dan cepat. Kamu bisa mendaftar ataupun buat akun BBM ini tak perlu menggunakan alamat email. Berikut langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

1. Unduh aplikasi BBM

Sebelum kamu buat akun baru di BBM, tentu saja kamu harus memiliki aplikasi BBM terlebih dahulu. Kamu bisa mendownload di App Store ataupun di Google Play bagi kamu yang tidak menggunakan Blackberry.

2. Isi Form pendaftaran

Setelah kamu mengunduh BBM, maka kamu diharuskan untuk mengisi form pendaftaran terlebih dahulu. Sebelum mengisi form tersebut, kamu sebaiknya memilih kode ponsel negara agar bisa menggunakan nomor ponsel yang akan didaftarkan.

Setelah itu isi semua yang ada pada daftar form dengan lengkap. Pastikan juga bahwa nomor ponsel yang kamu daftarkan masih aktif. Kamu hanya perlu mengisi nama, kode ponsel negara, nomor HP serta password baru untuk buat akun BBM baru kamu.

3. Konfirmasi nomor

Setelah mengisi form tersebut, kamu hanya perlu memilih pada pilihan ‘Create account’ kemudian akan muncul laman konfirmasi melalui SMS yang kamu dapatkan di nomor yang kamu daftarkan.Tuliskan kode konfirmasi yang masuk melalui SMS di ponsel kamu pada kolom yang telah tersedia.

Setelah memastikan bahwa kode yang kamu tulis itu benar, maka kamu hanya perlu menekan tombol ‘Verify’. Kamu hanya perlu menunggu sebentar saja untuk memverifikasi akun BBM.

4. Cari teman

Setelah selesai mengkonfirmasi nomor ponsel, kamu akan mendapatkan pilihan untuk mencari teman baru. Namun hal ini pun bisa kamu lewati begitu saja. Selain akan menemukan pilihan untuk menambahkan teman baru, kamu juga akan mendapatkan pilihan untuk menambahkan teman lewat kontak telpon. Kamu juga bisa untuk melewati pilihan ini.

Setelah kamu melewati proses dari cara buat akun BBM menggunakan nomor ponsel di atas, kamu sudah bisa memakai akun BBM yang kamu buat. Kamu bisa memulai dengan memasang foto profil di akunmu dan menambahkan status serta pertemanan di akun BBM kamu.

3 dari 3 halaman

Fitur Fitur Baru BBM

BBM akhir tahun lalu secara resmi meluncurkan fitur baru dalam sistem aplikasinya yang diberi nama dengan Group War. Fitur ini merupakan kuis berhadiah pertama di Indonesia yang menggabungkan chat bot dan dompet digital dalam satu platform grup chat.

Group War disajikan untuk menambah keseruan dan keriaan interaksi antara teman dan anggota keluarga. Setiap grup BBM bersaing dengan mengasah pengetahuan umum untuk memenangkan hadiah dengan menjawab secara bersama-sama pertanyaan yang diberikan oleh bot Group War.

Pengguna BBM dengan versi terbaru cukup mengundang bot Group War ke dalam grup chat mereka. Setiap pukul 12.30 WIB (kecuali Jumat pukul 13.30 WIB) dan 18.30 WIB, bot Group War akan memberikan pertanyaan untuk dijawab bersama keluarga dan teman kamu di dalam satu grup.

Kerjasama antar anggota grup sangat penting untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya. Semakin tinggi poin grup BBM, maka peluang hadiah yang diterima akan semakin besar. Integrasi ini membuat kuis dengan total hadiah ratusan juta rupiah ini mampu langsung mendistribusikan hadiah dalam bentuk chat ke masing-masing pemenang.

Hadiah langsung masuk ke dalam saldo dompet digital DANA di BBM setiap sesi kuis berakhir dan dapat ditransfer langsung ke rekening bank atau langsung digunakan di berbagai merchant di seluruh Indonesia seperti Bukalapak, Tix.id, KFC, dan yang lain.