3 Fungsi Processor yang Disebut Sebagai Otak dari Komputer

Fungsi processor dalam sebuah komputer mempunyai fungsi yang sangat penting, karena komponen kecil ini menentukan kecepatan performa dari sebuah komputer.

–  Otak dari komputer

Fungsi processor yang paling penting ialah sebagai sebuah otak dari komputer, karena setiap data yang akan diproses akan selalu melewati prosesor. Untuk kemudian diolah dan menghasilkan data-data yang di inginkan dari user atau pengguna.

Processor mengintegrasikan keseluruhan komponen internal seperti komponen chipset, harddisk, RAM, VGA, dan sebagainya. Sehingga keseluruhan komponen tersebut bisa bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing dan saling terhubung satu sama lain. Semua komponen tersebut terhubung dengan adanya komponen processor, jika tidak ada processor maka tidak dapat terintegrasi.

– Menjaga performa komputer

Fungsi processor selanjutnya ialah menjaga performa komputer. Semakin baik kualitas dan juga spesifikasi dari sebuah processor, semakin tinggi pula kualitas dan juga performa dari komputer tersebut.

Semakin banyak inti pada sebuah processor, dan juga semakin tinggi kecepatan processor tersebut, maka sebuah compute akan dianggap menjadi lebih cepat. Maka, seringkali processor dianggap menjadi salah satu indikator dari bagaimana sebuah komputer dapat bekerja

– Mendukung kebutuhan spesifik dari komputer

Untuk kamu yang hobi bermain game, pasti sudah familiar dengan istilah ‘greater processor, greater gaming experience’. Ya, serunya bermain game sangat berpengaruh dengan kapasitas dan kecepatan processor dari sebuah komputer.

Hal inilah yang menandakan bahwa fungsi processor untuk mendukung kebutuhan spesifik. Seperti tujuan gaming dengan efek 3D dan suaranya, tujuan desain dan arsitektural atau tujuan sebagai server.

Setiap processor dengan tujuan tersebut memilki kemampuan dan juga spesifikasi yang diciptakan untuk tujuan khusus tersebut. Jadi, dengan adanya processor, maka setiap tujuan spesifik dan juga khusus dari sebuah komputer bisa terlaksana dengan baik.