12 Cara Mempercepat Koneksi WiFi, Bisa Memperlancar Pekerjaanmu

Liputan6.com, Jakarta Buat kamu para warganet, pengguna aktif smartphone atau laptop, pasti nggak jarang kamu membutuhkan koneksi wifi agar terhubung internet dengan lancar. Karena memang, di era digital saat ini, koneksi internet jadi hal yang penting. Banyak kegiatan yang dapat dikerjakan dengan cepat dan praktis karena bantuan internet. 

Banyak hal dapat dilakukan dengan mudah menggunakan internet seperti berkirim surat via email, membaca ebook atau referensi ilmiah cukup dilakukan dengan browsing melalui internet. Begitu juga saat Anda ingin berkomunikasi dengan teman-teman atau keluarga yang jaraknya jauh, cukup dengan media sosial, Anda sudah bisa terhubung dengan mereka secara online.

Lalu bagaimana kalau koneksi internet Anda tiba-tiba terhenti atau menjadi lambat.  Sebelum Anda terpancing emosi dengan koneksi internet yang lambat, berikut Liputan6.com, Jum’at (1/2/2019) ulas dari berbagai berbagai sumber tentang cara mempercepat koneksi wifi.

2 dari 7 halaman

Pilih provider dan gunakan modem yang memadai.

1. Memilih provider yang kompeten

Hal perlu Anda lakukan juga adalah memilih Internet Service Provider (ISP) yang sudah terbukti handal dan kompeten dalam memberikan penyediaan jaringan internet. Jangan mudah tergiur dengan promosi banting harga yang ditawarkan oleh ISP tertentu.

Karena tentunya harga tidak bisa bohong. Harga yang agak mahal tentu akan sebanding dengan kualitas koneksi internet yang diberikan.

2. Menggunakan modem yang memadai

Modem (modulator demodulator) adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengubah sinyal komputer ke dalam besaran frekuensi tertentu. Tujuannya agar diproses melalui saluran telepon kabel. 

Modem tersebut memiliki spesifikasi kecepatan koneksi yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan kecepatan koneksi maksimal, gunakanlah modem yang spesifikasi kecepatan cukup besar. Biasanya modem yang sering digunakan memiliki kapasitas koneksi sekitar 256 Kbps.

3 dari 7 halaman

Gunakan provider yang belum banyak dipakai dan gunakang perangkat dengan spesifikasi tinggi

3. Gunakan Provider yang Belum Banyak Dipakai

Meskipun dikenal sebagai provider yang qualified dalam menyediakan koneksi internet, padatnya pengguna internet pada provider tertentu juga dapat menjadi penyebab lemotnya koneksi internet yang Anda gunakan.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk menggunakan jasa provider yang belum terlalu banyak digunakan oleh pengguna internet lainnya. Dengan demikian Anda masih berkesempatan untuk mendapatkan layanan internet dengan kualitas koneksi maksimal.

4. Menggunakan Perangkat Komputer atau Gadget dengan Spesifikasi Tinggi

Hal penting yang perlu Anda perhatikan juga untuk mendapatkan koneksi wifi yang cepat adalah spesifikasi komputer atau gadget yang Anda gunakan untuk mengakses internet.  

Bila perangkat yang Anda gunakan memiliki RAM, prosesor dan harddisk berkapasitas rendah, maka hal ini akan mempengaruhi kecepatan koneksi internet yang bisa Anda peroleh. Jadi, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk mengganti komputer, laptop atau gadget ketika koneksi internet Anda sudah sangat lambat.

4 dari 7 halaman

Boot Ulang Router dan Pusatkan dan Naikkan Router

5. Boot Ulang Router

Reboot router Anda sesekali untuk menyegarkan router dan mengatur ulang rooter dari paket yang sudah habis, untuk mempercepat internet Anda. 

Kalau perangkat router Anda sudah laman, bisa sekali sehari untuk melakukan reboot. Namun kalau perangkat router Anda berteknologi baru, Anda bisa langsung mengatur jadwal reboot secara otomatis di dalam software.

6. Pusatkan dan Naikkan Router

Penempatan posisi wifi menjadi hal yang perlu di[erhatikan. Kalau Anda meletakkan di sudut-sudut ruangan, maka kemungkinan besar Anda akan mendapatkan sinyal yang rendah. 

Oleh karena itu, Anda bisa menempatkan router tidak jauh dari komputer atau gadget Anda. Misalnya saja bisa meletakkannya di ruang tengah, agar semua orang mengakses wifi dengan sinyal yang sama.

5 dari 7 halaman

Posisi antena yang tepat dan gunakan kaleng bekas.

Ilustrasi WiFi (pixabay.com)

7. Posisi Antena

Posisikan antena wifi agar tegak lurus satu sama lain. Dengan menempatkan router sinyal penerima dan pemancar beroperasi dengan posisi yang sama dapat memaksimalkan kecepatan wifi.

8. Menggunakan Kaleng Bekas

Aneh memang, namun cara sederhana ini mampu menguatkan sinyal wifi Anda. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membentuk kaleng bekas seperti antenna pemancar sinyal. Kemudian pasangkan ke antena wifi.

Kaleng bekas ini berfungsi untuk memfokuskan sinyal ke satu titik yang sebelumnya menyebar ke segala arah.

6 dari 7 halaman

9. Lindungi Wifi dan Hindari Penempatan Perangkat Lain secara Berdekatan

9. Lindungi Wifi

Melindungi wifi dengan membuatkannya password sangat penting. Hal ini untuk menghindari penurunan kecepatan wifi yang bisa diretas oleh orang asing di lingkungan Anda.

10. Hindari Penempatan Perangkat Lain secara Berdekatan

Alat seperti smartphone, microwave atau gadget lainnya dapat mempengaruhi kecepatan wifi Anda. Oleh karena itu, Anda bisa menempatkan perangkat tersebut dalam jarak yang berbeda atau menyingkirkannya.

7 dari 7 halaman

Temukan Sambungan Nirkabel yang Tepat dan Ubah Router

11.  Temukan Sambungan Nirkabel yang Tepat

Kalau di sekeliling Anda ada yang menggunakan wifi juga, maka saluran Anda dapat mengganggu sinyal. Kalau seperti ini, Anda perlu mengubah saluran sehingga tidak akan mengganggu sinyal wifi Anda. Untuk mengganti wireless channel, Anda bisa menggunakan aplikasi wifi analyzer unutk menemukan saluran yang lebih baik di router Anda.

12.  Ubah Router Lama ke Repeater

Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menguatkan sinyal. Anda bisa menggunakan router lama menjadi repeater. Dengan begitu, sinyal wifi Anda dapat mengirimkan sinyal yang lebih tinggi dan Anda bisa menikmati kecepatan internet yang lebih tinggi.